Berlin (ANTARA News) - Pemain sayap Bayern Munich, Franck Ribery, mencetak gol melalui sepakan voli sensasional untuk memimpin sang juara Jerman menang 1-0 atas Eintracht Frankfurt pada Sabtu, yang menjaga mereka tetap unggul lima angka di puncak klasemen Liga Jerman dengan enam pertandingan tersisa.

Tim peringkat kedua Borussia Dortmund, yang akan menghadapi Liverpool di Liga Europa pada pekan depan, mengamankan spot Liga Champions untuk musim depan, melalui kemenangan 3-2 atas Werder Bremen berkat gol penentu kemenangan dari pemain pengganti Adrian Ramos pada menit ke-82 dan memastikan mereka finis di tiga besar.

Pemain asal Prancis Ribery, yang absen pada sebagian besar musim ini karena cedera, berada di tepi kotak penalti dan melepaskan sepakan volinya melewati Lukas Hradecky pada menit ke-20 setelah sang kiper awalnya menggagalkan tembakan Mario Goetze.

Ini merupakan gol kedua bagi pemain 32 tahun itu di musim ini setelah menepi selama delapan bulan karena masalah pada pergelangan kakinya, dan kemudian mendapat cedera lain yang membuatnya absen sampai bulan lalu.

Kemenangan mereka juga mengukir rekor untuk tidak kemasukan gol (clean sheet) terpanjang atas satu tim di Liga Jerman, di mana Frankfurt telah gagal mencetak gol dalam 757 menit ke gawang mereka dan gol terakhir klub itu ke gawang Bayern terjadi pada 2011.

"Kami memulainya dengan benar-benar baik dan banyak menjalani permainan bagus. Bukan hanya gol menakjubkan Franck," kata pelatih Bayern, Pep Guardiola, yang timnya akan menghadapi Benfica pada perempat final Liga Champions pekan depan.

Ia menimpali, "Akan lebih mudah jika kami membukukan gol kedua."

Bagaimanapun, Bayern mendapatkan sedikit perlawanan dari Eintracht dan tendangan bebas Xabi Alonso mengenai mistar gawang ketika tuan rumah mendominasi 70 persen penguasaan bola.

Tim Bavaria yang mengejar "treble" itu mengoleksi 72 angka, sedangkan Borussia Dortmund memiliki 64 angka.

Pencetak gol terbanyak Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang membukukan gol ke-32ya musim ini untuk membawa tuan rumah unggul pada menit ke-53, namun dua gol dalam rentang waktu lima menit dari Werder, yang tidak memainkan penyerang Claudio Pizarro yang cedera membuat mereka tertinggal.

Pemain internasional Jepang, Shinji Kagawa, menyamakan kedudukan pada menit ke-77, sedangkan Ramos, yang masuk pada menit ke-80, mencetak gol kemenangan melalui sundulan kepala dua menit kemudian untuk membuka keunggulan 22 angka dengan tim peringkat keempat Bayer Leverkusen dengan enam pertandingan tersisa.

Hertha Berlin, yang berada di peringkat ketiga dengan 48 angka, bermain di markas Borussia Moenchengladbach pada Minggu. Tiga tim teratas lolos ke fase grup Liga Champions, sedangkan tim peringkat kempat harus memainkan putaran kualifikasi.

Schalke 04 gagal kembali ke Liga Champions, mereka menelan kekalahan 0-3 di markas tim promosi Ingolstadt untuk turun ke posisi keenam dengan 44 angka.

Pemain asal Argentina Pablo de Blasis mencetak dua gol saat Mainz 05 menang 4-2 atas Augsburg untuk merebut kembali posisi kelima.

Hamburg SV mengambil langkah besar untuk mengamankan status mereka sebagai tim strata teratas, dengan menaklukkan tim juru kunci Hanover 96 dengan skor 3-0 untuk membawa mereka ke posisi kesepuluh dengan 34 angka, unggul tujuh angka atas zona degradasi.
(Uu.H-RF)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2016