Jakarta (ANTARA News) - Enam pelabuhan yang tersebar di Provinsi Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat telah siap beroperasi dan direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 5 dan 6 April 2016 di Papua Barat dan Maluku.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu, mengatakan seluruh pembangunan pelabuhan tersebut dibiayai melalui sumber dana APBN Kementerian Perhubungan sampai dengan Tahun Anggaran 2015.

Barata menyebutkan pelabuhan di Provinsi Maluku yang telah selesai dibangun adalah Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli, dan Pelabuhan Pulau Teor.

"Pelabuhan Tutu Kembon merupakan pelabuhan non-komersial yang dibangun mulai tahun 2012 sampai dengan tahun 2015 dengan total pembiayaan Rp157 miliar," katanya lagi.

Dia merinci fasilitas yang dibangun adalah dermaga seluas 70x8 meter persegi, trestle seluas 550x 6 meter persegi, dan causeway seluas 310 x 6 meter persegi.

Pelabuhan Tutu Kembong memiliki kapasitas dermaga yang baru sebesar 1.000 DWT dengan kedalaman kolam di depan dermaga (faceline) sebesar lima MLWS.

Sedangkan fasilitas darat yang dibangun adalah terminal dan kantor seluas 250 meter persegi, bangunan pos jaga 9 meter persegi, rumah pompa, dan genset satu unit.

"Pelabuhan Tutu Kembong yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat merupakan pelabuhan pengumpan lokal yang berfungsi sebagai prasarana bongkar muat barang dan penumpang serta sebagai prasarana kapal perintis di Kabupaten Maluku Tenggara Barat," kata dia lagi.

Barata juga menjelaskan Pelabuhan Wonreli mulai dibangun pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2015 dengan total biaya sebesar Rp54,5 miliar.

Fasilitas yang dibangun terdiri dari dermaga seluas 120x8 meter persegi, trestle I seluas 68x6 meter persegi, trestle II seluas 68x6 meter persegi, dan causeway seluas 250x6 meter persegi.

Selain itu, area darat pelabuhan juga dikembangkan untuk lapangan penumpukan barang seluas 2.000 meter persegi, kantor, terminal penumpang seluas 300 meter persegi, pos jaga, genset, gudang, dan area parkir kendaraan.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016