Jakarta (ANTARA News) - Setelah diresmikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kemarin malam, Wisata Malam Monas hari pertama ramai pengunjung.

Dari pantauan ANTARA News, Rabu malam, suasana kawasan wisata Monas tampak ramai. Demikian pula dengan antrean lift menuju puncak Monas terbilang panjang.

Menurut Kepala Seksi Ketertiban Monas, Wahyono, antusiasme warga terhadap Wisata Malam Monas cukup tinggi.

"Pada siang hari Monas segemennya untuk masyarakat daerah, wisata malam ini untuk masyakarat sekitar Jakarta. Masyarakat cukup antusias pada peluncurannya kemarin, dan hari ini," ujar dia kepada ANTARA News.

Untuk pengoperasian Wisata Malam Monas, Wahyono menjelaskan, diberlakukan dua shift, yaitu shift pagi atau jam operasional normal pada pukul 07.30 - 16.00 WIB, dan shift siang pukul 14.00 - 22.00 WIB.

Terkait kemanan, Wahyono mengatakan kurang lebih 60 personil keamanan yang diantaranya terdiri dari Garnisum BKU, Puskom dan Sabara, dikerahkan untuk menjaga kawasan wisata Monas.

"Karena di sini kawasan Ring 1, jadi tidak kami anggap ringan, tapi kami minta kesadaran warga untuk menjaga ketertiban terkait penyelenggaraan Wisata Malam Monas," ujar dia.

Sementara itu, sejumlah pengunjung yang ditemui ANTARA News mengaku senang dengan adanya Wisata Malam Monas.

"Kalau siang panas, dan karena kerja jadi sempatnya cuma akhir pekan, tapi pasti penuh. Kalau malam bisa pulang kerja main sama anak isteri," kata karyawan swasta, Anton, yang datang bersama isteri dan anaknya.

Demikian pula dengan seorang mahasiswa, Ikhsan, yang datang bersama kekasihnya, Ayu. Dia mengaku mendapat pengalaman lain usai naik ke puncak Monas pada malam hari.

"Siang kurang seru, pemandangannya begitu saja. Malam lebih asyik, lebih ramai suasananya, banyak lampu-lampu," kata dia.

Hingga Rabu, pukul 21.00 WIB, jumlah pengunjung keseluruhan pengunjung, baik yang menikmati pemandangan puncak Monas maupun menuju cawan Monas tercatat 1.554 orang.

Wisata Malam Monas dapat dinikmati warga setiap Selasa hingga Minggu, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Sedangkan pada Senin, kawasan wisata Monas ditutup untuk pemeliharaan dan perawatan rutin.

Dalam Wisata Malam Monas, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas dengan membayar tiket masuk seharga Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menuju cawan Monas, harga tiketnya sebesar Rp7.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016