London (ANTARA News) - Sewaktu Leicester City menghadapi Sunderland pada hari pembukaan musim ini, para penggemarnya hanya berdoa semoga pertandingan itu ujian untuk menghindari degradasi.

Tetapi di tengah persiapan tim bertandang ke klub binaan Sam Allardyce Minggu pekan ini, pandangan para penggemar berubah dan kini mereka ramai membeli syal bertuliskan 'Premier League Champions' (Juara Liga Premier).

Banyak yang tidak meragukan tim ini bakal menjadi juara liga, dan empat kemenangan dari enam laga tersisa liga musim ini akan otomatis mengangkat Leicester ke tangga juara dan sekaligus menuntaskan salah satu dongeng paling ajaib dalam sejarah sepak bola Inggris.

Leicester unggul bersih tujuh poin dari peringkat kedua Tottenham Hotspur, menjelang laga Minggu itu dan memerlukan 12 poin lagi untuk memastikan juara liga.

Bagi Leicester yang terjerembab ke dasar klasemen musim lalu, mencetak empat kemenangan dari enam laga terakhir adalah tugas yang sulit.

Empat kali menang berturut-turut dengan skor 1-0 telah melesakkan Leicester ke ambang sukses dan menjadi saksi bagi kemampuan organisasional pelatih mereka, Claudio Ranieri.

Leicester tidak pernah bisa mempertahankan lima kali clean sheet berturut-turut di liga elite, namun hanya orang bodoh yang mengatakan tim ini akan tersungkur melawan Sunderland yang terancam terdegradasi.

Tim asuhan Allardyce itu berselisih empat poin dari Norwich City pada peringkat 17 dan memasuki bagian 'sekarang atau tidak sama sekali' dalam musim ini ketika mereka dituntut menang atau nasib mereka tamat.

Tottenham, yang gagal menempel Leicester karena ditahan seri 1-1 oleh Liverpool di Anfield akhir pekan lalu, bisa saja malah berselisih 10 poin ketika Minggu pekan ini mereka menjamu Manchester United.

United sedang bertarung dengan Manchester City untuk menempati peringkat keempat yang menjadi jatah terakhir Liga Champions.

Sebaliknya City yang semangatnya meningkat setelah menahan seri 2-2 Paris St Germain dalam laga leg pertama perempatfinal Liga Champions Kamis dini hari lalu, bakal menjamu tim papan tengah West Bromwich Albion.

Peringkat ketiga Arsenal yang memerlukan 11 poin untuk melampaui Leicester dengan satu pertandingan tersisa lebih banyak, bertandang ke kandang West Ham United Sabtu pekan ini.

Newcastle United, yang berjuang menghindari degradasi bersama Sunderland, bertandang ke Southampton, sedangkan Norwich dijamu Crystal Palace.

Palace tiga poin di atas Norwich, namun sepertinya akan terjun bebas setelah gagal menang di liga sejak Desember silam.  

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016