Dortmund, Jerman (ANTARA News) - Gol yang dicetak pemain Borussia Dortmund, Mats Hummels, menyelamatkan timnya dari kekalahan dan meraup hasil imbang 1-1 melawan Liverpool dalam laga pertama perempat final Liga Europa di Stadion Signal Iduna Park, Jerman, Jumat pagi WIB.

Gol tersebut dicetak Hummels saat timnya tengah tertinggal 0-1 dan hanya tiga menit selepas turun minum lewat situasi sepak pojok.

Bek jangkung itu lepas dari kawalan para pemain Liverpool dan melompat tinggi menyambut bola umpan silang yang dikirimkan Henrikh Mkhitaryan dan menggetarkan jala gawang tim tamu pada menit 48.

Hasil imbang dari momen kali pertama Juergen Klopp kembali di tepi lapangan Signal Iduna Park sejak meninggalkan Dortmund di pengujung musim lalu itu memberikan keuntungan lebih bagi Liverpool, yang mengantongi sebuah gol tandang dan akan menjamu Dortmund di Stadion Anfield, Inggris, pekan depan.

Selain itu, Liverpool juga sukses menghentikan aksi sapu bersih babak gugur yang sempat dicatatkan Dortmund yang memenangi semua laga babak 32 besar dan 16 besar Liga Europa musim ini.

Di tengah dominasi Dortmund, Liverpool justru membuka keunggulan melalui gol penyerang Belgia, Divock Origi, pada menit 36.

Origi yang dipilih pelatih Juergen Klopp untuk menempati pucuk serangan Liverpool, sukses mengendalikan bola yang dipantulkan dengan sundulan oleh James Milner demi mengelabui dua pemain belakang Dortmund sebelum menyarangkan bola melewati penjaga gawang Roman Weidenfeller.

Sayangnya, Origi gagal menggandakan keunggulan Liverpool saat memperoleh peluang emas di pengujung babak pertama saat berhadap-hadapan dengan Weidenfeller yang keluar dari zona nyamannya.

Penjaga gawang Simon Mignolet tanpa aba-aba segera mengajak para penggemar Liverpool untuk senam jantung pada saat laga baru berjalan lima menit dengan melakukan tipuan terhadap penyerang haus gol Pierre-Emerick Aubameyang di dalam kotak penalti, beruntung ia melakukannya tanpa kesalahan dan gawang tim tamu untuk sementara aman.

Menit 18 tuan rumah berkesempatan membuka keunggulan saat Marcel Schmelzer menerima umpan lambung di sisi kiri dan menyodorkan bola kepada Henrikh Mkhitaryan yang segera menyambarnya dengan tendangan kencang, namun berhasil dihalau oleh Mamadou Sakho di hadapan gawang.

Dua menit berselang giliran Liverpool yang memiliki peluang mencetak gol lewat situasi tendangan bebas yang dilepaskan James Milner ke dalam kotak penalti dan disambut tandukan Dejan Lovren, sayangnya bola mengarah tepat ke arah penjaga gawang Roman Weidenfeller dan Lovren beserta Adam Lallana dianggap melakukan pelanggaran saat berupaya menyambar bola liar dari tangan kiper lawan.

Setelah memperoleh keunggulan pada menit 36, Liverpool sempat mengendalikan permainan sejenak sebelum tuan rumah kembali melancarkan serangan-serangan berbahaya termasuk yang memaksa Lovren melakukan penyelamatan penting pada menit 45+3 yang menghalau tendangan jarak dekat Aubameyang.

Usai turun minum, Klopp menarik keluar Jordan Henderson digantikan Joe Allen, setelah kapten Liverpool itu sempat mengerang kesakitan di pertengahan babak pertama, sementara Thomas Tuchel menurunkan Nuri Sahin menggantikan Erik Durm.

Setelah Hummels menyamakan kedudukan untuk Dortmund, Liverpool memperoleh dua peluang melalui Origi dan Philippe Coutinho pada menit 50 dan 51 yang sayangnya tak membuahkan hasil. Tendangan Origi masih melebar, sementara kesigapan Weidenfeller sukses menghentikan bola sepakan tajam Coutinho.

Namun selepas itu Dortmund kembali lebih banyak menguasai pertandingan dan menebar ancaman di hadapan gawang Liverpool, beruntung duet Lovren dan Sakho cukup sigap mengantisipasi derasnya rentetan serangan dari tuan rumah.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Weidenfeller (PG); Lukasz Piszczek, Sven Bender (Sokratis Papastathopoulos), Mats Hummels, Marcel Schmelzer; Julian Weigl, Gonzalo Castro; Erik Durm (Nuri Sahin), Henrikh Mkhitaryan, Marco Reus; Pierre-Emerick Aubameyang (Christian Pulisic)
Pelatih: Thomas Tuchel

Liverpool (4-2-3-1): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Mamadou Sakho, Alberto Moreno; Jordan Henderson (Joe Allen), Emre Can; James Milner, Philippe Coutinho, Adam Lallana (Roberto Firmino); Divock Origi (Daniel Sturridge)
Pelatih: Juergen Klopp

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016