Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan membangun kawasan Green Bay khusus untuk nelayan.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menyelesaikan pembangunan tanggul laut di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara. "Tanggul kami tutup kan kering, nah kami mau bangun kaya Green Bay. Ini buat nelayan, rakyat kecil, dan PKL," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

Ahok mengatakan, DKI memiliki lahan hingga 10-12 hektare di sekitar Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman.

Sebelumnya, Ahok mengaku pernah menolak pengajuan perluasan untuk PPS Nizam Zachman.

"Nanti di Muara Baru akan dibangun tanggul setinggi 3,8 meter di atas permukaan laut. Nah yang bawah lima meter lebih kami mau teruskan sampai pelabuhan Nizam Zachman. Itu kira-kira 10-12 hektare lahan," katanya.

Nantinya, kawasan Pasar Ikan, Luar Batang, dan Muara Baru rencananya akan menyatu. Kawasan tersebut akan dijadikan kawasan wisata bahari.

Pemprov DKI Jakarta berusaha untuk mengembalikan kawasan seperti saat zaman Belanda dulu.

"Pasar Ikan, Luar Batang mesti nyatu dengan Muara Baru. Orang kerja di sana, bawahnya gudang, atasnya toko PKL dan tempat tinggal," kata Ahok.

Basuki menambahkan, beberapa tanah negara kini telah diduduki oleh warga. Bahkan karena terlalu lama dibiarkan mereka mendirikan bangunan di atasnya.

"Dilihat dong sejarahnya, kapan mereka menjarahi, Akuarium dipindah ke Ancol, itu tanah negara. Ketika kita buat akuarium dijarah, waktu kita buat pasar, dijarah juga, didudukin buat rumah," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016