Cirebon (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) III Cirebon, Jawa Barat memberikan berbagai promo untuk meningkatkan minat naik kereta api, karena selama dibukanya Tol Cipali ada penurunan penumpang sekitar 10 persen.

"Ada penurunan kurang lebih 10 persen setelah dibukanya Tol Cipali dan untuk itu kita membuka berbagai promosi dan juga diskon," kata Manajer Operasional Daop 3 Cirebon Eduardo Rudolf, di Cirebon, Selasa.

Dengan adanya penurunan tersebut, KAI menjalin berbagai kerja sama dengan para pelaku usaha seperti jasa transportasi, perhotelan dan rumah makan.

Kerja sama tersebut dapat dinikmati oleh para pengguna kereta api yang mempunyai tiket Jakarta-Cirebon atau sebaliknya dengan menunjukkan tiket dan akan mendapatkan berbagai diskon pada perusahaan yang sudah kerja sama, seperti taxi, hotel dan rumah makan.

"Satu tiket bisa digunakan berbagai diskon yang sudah bekerja sama dengan kami dan diskon itu bervariasi mulai dari 10 persen sampai 60 persen," tuturnya.

Ia menambahkan penurunan pengguna jasa kereta api itu pada hari-hari biasa, tetapi kalau untuk hari libur akhir pekan dan juga libur panjang pengguna kereta meningkat tajam.

Bahkan untuk libur panjang akhir pekan ini saja yaitu tanggal 5-8 Mei 2016, peningkatan pengguna jasa kereta mencapai 100 persen.

"Hanya hari biasa saja yang sangat terasa penurunan pasca tol Cipali," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016