Bengkulu (ANTARA News) - Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu mengemukakan kampung halaman Yuyun korban pemerkosaan di Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejanglebong, masih jauh dari sejahtera.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Aden Gultom di Bengkulu, Sabtu, mengatakan secara keseluruhan Kabupaten Rejang Lebong hanya memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 66 poin. Tingkat IPM yang bagus berada pada angka 80 poin.

"Jika menyelisik lebih lanjut per desa maka di tempat tinggal korban yakni Padang Ulak Tanding, angka IPM ini akan jauh lebih rendah, karena jauh dari akses pelayanan dasar yang berada di ibu kota kabupaten," kata dia.

Indeks pembangunan manusia, kata Aden, merupakan standar yang dipakai Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dalam mengukur keberhasilan suatu wilayah.

"Ada tiga faktor yang dianalisa yakni tingkat pendidikan, kesehatan serta sarana dan prasarana dasar," katanya.

Sementara di kampung halaman korban, tingkat pendidikan masih rendah, mayoritas hanya sampai sekolah dasar atau sekolah menengah pertama.

"Tingkat pendidikan erat hubungannya dengan kesehatan dan perekonomian. Semakin tinggi tingkat pendidikan harapannya juga meningkatkan sisi moral, akhlak dan keagamaan," kata Aden.

Mengenai sarana dan prasarana dasar pun masih rendah, seperti infrastruktur jalan, pusat kesehatan, listrik dan akses ke pelayanan pemerintahan.

"Kalau suatu wilayah masih gelap gulita, bagaimana bisa maju, prasarana dasar ini yang harus segera diperbaiki," ucapnya.

Selain faktor IPM, permasalahan di daerah tempat tinggal korban semakin kompleks karena faktor sosial masyarakat dalam bentuk-bentuk negatif.

"Saya dengar di sana, tentang tradisi mereka, para pelaku kriminal nyaman dengan masyarakat yang ada di daerah itu. Ini merupakan faktor sosial yang sangat kompleks dan harus dibenahi," ujarnya. 

Pewarta: Boyke LW
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016