Jakarta (ANTARA News) - Presiden The Association for International Sports for All (TAFISA), Ju Ho Chang, menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin.

Presiden TAFISA datang ke Kantor Wakil Presiden Jakarta dengan didampingi Ketua Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman.

"Banyak negara calon peserta yang bertanya apakah aman hadir di TAFISA Games yang Insha Allah akan diselenggarakan di Jakarta Oktober nanti," kata Hayono.

Oleh karena itu, Presiden TAFISA bermaksud menemui Wapres Kalla untuk mendapat kepastian jaminan keamanan dalam pelaksanaan TAFISA Games 2016 tersebut.

"Kami bersyukur karena Bapak Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa Jakarta, Indonesia, adalah termasuk negara yang teraman di dunia untuk menyelenggarakan berbagai event, termasuk olah raga. Dan jawaban itu yang ditunggu Bapak Chang," jelasnya.

TAFISA Games merupakan ajang kompetisi olahraga rekreasi internasional yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali, dan terakhir kali dilaksanakan di Siauliai, Lithuania, pada 2012.

Berdasarkan keputusan Majelis Umum TAFISA di Antalya, Turki, pada 11 November 2011 lalu Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah "The 6th TAFISA Games 2016".

Hingga saat ini, kata Hayono, sudah ada 89 negara yang menyatakan turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan TAFISA Games 2016 di Jakarta.

TAFISA Games 2016 itu akan diselenggarakan di Taman Impian Jaya Ancol, dengan mengusung tema Unity in Diversity (Kesatuan dalam Keragaman), dan dengan subtema Lets Move, Be Active (Mari Bergerak, Menjadi Aktif).

Dengan adanya kegiatan olah raga itu, maka diharapkan dapat melestarikan sejumlah olahraga dan permainan tradisional dari berbagai negara di dunia, seperti pencak silat, barongsay, layang-layang, gateball, parkour, dan lainnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016