Jakarta (ANTARA News) -  ROPO (research online, purchase offline) yaitu mencari referensi secara online sebelum membeli di toko offline sudah menjadi kebiasaan 80% pelanggan, seperti terungkap dari studi IBI dan University of Regensburg. 

Jakub Ratajczak, Managing Director APAC at RTB House, dalam pernyataan tertulis menyebutkan perilaku ROPO memiliki pengaruh yang tinggi terhadap keputusan pembelian pelanggan. Di sisi lain, para pemasar dapat mengapitalisasi efek ROPO dengan solusi retargeting.

Solusi retargeting memberikan kemampuan bagi para pemasar untuk mengidentifikasi pelanggan potensial, dan menampilkan iklan yang sudah disesuaikan dengan keinginan dan referensi pelanggan.

Solusi ini biasanya dimanfaatkan perusahaan e-commerce untuk menargetkan pelanggan, dan mendorong mereka melakukan sesuatu yang diharapkan oleh perusahaan (pembelian, mengunjungi situs web, atau mengisi formulir) di ranah online.

Terdapat tiga tips untuk pemasar agar bisa memanfaatkan kebiasaan ROPO demi pengembangan bisnis yang berkesinambungan di ranah offline maupun online.

Tips1: Manfaatkan online advertising untuk branding
Gunakan solusi retargeting yang mampu menilai kondisi dari setiap pelanggan (apakah akan ada kemungkinan membeli atau tidak) dan memberikan pilihan kepada pemasar untuk menampilkan konten yang lebih sesuai.

Selain untuk mendorong terjadinya suatu aksi, manfaatkan kesempatan ini untuk menancapkan brand di dalam benak pelanggan, yang nantinya dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka di lain waktu.

Tips 2: Dorong pelanggan untuk melakukan pembelian secara offline
Masih banyak pelanggan yang membeli secara offline, meskipun pencarian informasi hingga dilakukan secara online. Hal ini khususnya berlaku untuk pembelian produk-produk dengan harga yang selangit dan berukuran besar.

Karena itu, solusi retargeting yang cerdas dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan pelanggan potensial dengan tenaga penjual ataupun tawaran diskon secara otomatis agar pengguna melakukan pembelian di ranah offline.

Tips 3: Tampilkan informasi tentang toko offline terdekat berdasarkan lokasi pengguna
Manfaatkan solusi retargeting untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan cara menampilkan lokasi toko offline terdekat dari lokasi mereka.

Lebih jauh lagi, kesempatan ini dapat digunakan untuk menampilkan tawaran / kode diskon yang berlaku di toko tersebut.

Solusi retargeting yang canggih dan pintar, dapat membantu pemasar untuk mengapitalisasi efek ROPO, dan pada akhirnya mendorong terjadinya suatu aksi di dunia nyata (offline).

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016