Jakarta (ANTARA News) - Ketika merencanakan kampanye online, pemasar memiliki banyak pilihan - dari penyedia layanan hingga ragam peralatan yang mereka tawarkan. 

Jakub Ratajczak, Managing Director APAC at RTB House, dalam siaran pers mengingatkan bahwa pengambilan keputusan tanpa melakukan pengujian secara tuntas atau due diligence akan menghasilkan kinerja yang tidak optimal. 

Dia mengemukakan strategi multi retargeting yang memanfaatkan beragam teknik, mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal. 

Lebih lanjut Ratajczak mengutip Marin Software yang menyebutkan hampir sembilan dari 10 pemasar menggunakan layanan retargeting sebagai bagian dari strategi online.

Dalam strategi multi retargeting, pemasar bekerja sama dengan lebih dari satu penyedia layanan retargeting (retargeter) sehingga pemasar mampu menyasar target yang lebih luas secara lebih efektif. 

Kampanye retargeting yang menggunakan strategi ini mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal, efektif, dan efisien. Alasannya adalah :

Akses yang lebih luas
Para retargeter memiliki metode dan algoritma yang berbeda-beda dalam menjalankan suatu kampanye retargeting. Contohnya retargeter A mampu menargetkan golongan X secara efektif namun tidak begitu efektif ketika menargetkan golongan Y. Sedangkan, retargeter B mampu menargetkan golongan Y  secara lebih efektif dibandingkan retargeter lainnya.

Strategi multi retargeting membuat pemasar memiliki akses yang lebih luas dan efektif untuk setiap target yang mereka tuju. 

Menciptakan Kompetisi yang Sehat
Strategi multi retargeting, yang berarti mendorong terjadinya kompetisi sehat antar retargeter yang bekerja untuk pemasar. Pemasar akan dapat dengan mudah mengidentifikasi retargeter yang lebih efektif untuk setiap kanal pemasaran.

Lebih Banyak Pencapaian yang Dapat Diraih
Retargeting semakin banyak digunakan untuk meningkatkan brand awareness, dan terlebih lagi untuk menggiring para pelanggan tersebut untuk mengakses situs dalam suatu periode tertentu - ketika aktivitas belanja sedang meningkat. 

Dengan memanfaatkan strategi multi retargeting, pemasar akan memiliki lebih banyak pilihan yang ditawarkan oleh retargeter. Pilihan-pilihan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggapai tujuan yang berbeda-beda pula - sebagai contoh untuk meningkatkan konversi, turn over, hingga jumlah klik.

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016