Jakarta (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan dana zakat yang terbagi dalam lima program berbeda khusus di bulan Ramadhan 1437 Hijriah/2016.

Direktur Amil Zakat Nasional Baznas M Arifin Purwakananta di Jakarta, Selasa menjabarkan lima program tersebut antara lain Teras Sehat, Hidangan Berkah Ramadhan, Paket Ramadhan Bahagia, Pasukan Umar bin Khattab, dan Kantor Pembayaran Zakat.

Arifin menjelaskan program Teras Sehat adalah program kesehatan yang bersifat preventif berupa informasi tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Selain itu juga memberikan informasi manfaat puasa untuk ibu hamil dan menyusui, puasa untuk mendidik anak berpuasa, serta memberikan info mengenai manfaat puasa untuk mencegah atau mengobati penyakit.

Selain itu program tersebut juga memberikan pengobatan pada masyarakat yang sedang sakit, atau memberikan perawatan lebih jika kondisinya mengharuskan dirawat inap.

Program Hidangan Berkah Ramadhan ialah penyediaan konsumsi untuk berbuka puasa atau santap sahur bagi para mustahik atau penerima zakat di lingkungan penduduk miskin, salah satunya Masjid Terminal Depok yang menjadi hunian anak-anak jalanan.

Hidangan berbuka dan sahur juga diberikan pada petugas-petugas jaga malam dan panti asuhan di Jabodetabek yang kesemua hidangan merupakan sajian istimewa dengan kemasan yang tidak biasa. "Dengan kemasan yang baik, dan makanan yang belum pernah mereka terima karena sajiannya," kata Arifin.

Paket Ramadhan Bahagia ialah pengiriman paket berisi beras dan sembako lainnya untuk diberikan kepada para mustahik yang disalurkan melalui Go-Jek. Baznas menyediakan 10 ribu paket yang akan dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Pengiriman melalui ojek daring tersebut bertujuan untuk memuliakan para penerima zakat agar tidak perlu mengantre untuk menerima haknya.

Adapun Program Pasukan Umar bin Khattab ialah tim khusus berjumlah 15 orang yang terbagi dalam lima kelompok dengan tugas mencari dan mensurvei orang-orang yang berhak menerima zakat di lokasi-lokasi yang tidak terjangkau di Jabodetabek.

Bantuan diberikan berupa dana, makanan, atau obat-obatan yang disesuaikan dengan kebutuhan mendesak penerimanya.

Program Kantor Pembayaran Zakat ditujukan bagi para pemberi zakat atau muzaqi guna memudahkan dalam berzakat. Baznas melayani pembayaran zakat di 12 mal dan 17 perkantoran di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang yang beberapa bertempat di Plaza Senayan, Summarecon Mall Bekasi, Plaza Semanggi, Pondok Indah Mall, The Breeze BSD City, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Kemendikbud, dan kantor PT Aneka Tambang.

Baznas juga mendorong pembayaran zakat melalui transfer ATM, phone banking, atau penjemputan zakat apabila muzaqi tidak berkesempatan membayar zakat secara langsung. Layanan tersebut juga disertai dengan konsultasi dan penghitungan zakat yang akan dilakukan oleh petugas Baznas.

Program lainnya adalah Baznas Charity Store yakni berupa bantuan lelang barang bekas pakai tokoh dan artis berupa pakaian, sepatu, alat olahraga, buku dan lainnya yang keuntungannya akan digunakan untuk kepentingan penyaluran zakat.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016