Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menilai di tengah maraknya tindak kejahatan saat ini, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang efektif mencegahnya. 

"Kami melihat pesantren adalah lembaga pendidikan yang efektif. Sangat penting lembaga negara bekerjasama dengan pesantren, daripada menuduh pesantren sarang teroris. Dengan menjalin kerja sama dengan pesantren maka pesantren akan semakin berkiprah di tengah masyarakat," ujar dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis. 

Keberadaan pesantren, lanjut Hidayat, saat ini masih kuat sehingga disadari ataupun tidak, lembaga pendidikan ini ikut mempertahankan Indonesia. 

Kemudian, melalui salah satunya pesantren, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bisa digalakkan. Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Madrasah Tanwiriyyah, Bay Sya'ban Farouq mengungkapkan pesantrennya menerima secara terbuka bila nantinya MPR ingin bekerjasama mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan.

"Kami mendengar ada kegiatan yang dilakukan MPR yakni sosialisasi Empat Pilar. Kalau seadainya Pak Hidayat berkenan, kami menerimanya," ujar Farouq.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016