Nice, Prancis (ANTARA News) - Penyerang tim nasional Polandia, Arkadiusz Milik, mencetak gol yang mengantarkan negaranya membekuk Irlandia Utara dengan skor 1-0 dalam laga penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis, Senin dini hari WIB.

Gol tersebut tercipta pada menit 51, setelah penyerang Ajax Amsterdam itu menyambut umpan sodoran Jakub Blaszczykowsi dengan sepakan kaki kiri yang tak mampu diantisipasi penjaga gawang Michael McGovern.

Perhatian para pemain Irlandia Utara yang terlalu terpusat pada Robert Lewandowski memberikan keleluasaan bagi Milik yang beberapa kali memiliki peluang, meski hanya berhasil memanfaatkannya secara penuh sekali saja. Namun cukup untuk membawa Polandia memenangi laga tersebut.

Berkat kemenangan tersebut tim besutan Adan Nawalka itu sementara ini memimpin klasemen Grup C, menantikan hasil laga lain antara Jerman menghadapi Ukraina di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, yang baru berlangsung pada Senin pagi WIB.

Hasil tersebut juga menjadi kemenangan perdana Polandia dalam putaran final Piala Eropa, setelah enam laga sebelumnya di edisi 2008 dan 2012 berakhir dengan tiga kekalahan serta tiga hasil imbang.

Polandia tampil dominan sepanjang laga dengan memiliki 65 persen penguasaan bola dan melepaskan 18 kali percobaan tembakan yang empat di antaranya menemui sasaran.

Sayangnya Polandia tak mampu memperbesar keunggulan mereka menjadi lebih dari satu gol, termasuk saat percobaan tembakan jarak jauh gelandang Sevilla Grzegorz Krychowiak menghantam mistar gawang Irlandia Utara pada menit 87.

Pelatih Michael O'Neill patut kecewa dengan penampilan buruk Irlandia Utara yang sepanjang laga hanya memiliki akurasi 63 persen dari 272 kali percobaan umpan.

Sebetulnya gol yang dicetak Milik seolah menjadi penampar yang membangunkan Irlandia Utara dari tidur dan mulai aktif melakukan upaya serangan, terlebih dengan masuknya darah segar Conor Washington menggantikan Shane Ferguson.

Pun demikian, Irlandia Utara yang tak sekalipun melakukan percobaan tembakan sepanjang babak pertama menutup pertandingan dengan catatan hanya dua kali melakukan tembakan yang tak satupun tepat sasaran.

Selanjutnya Polandia akan menghadapi Jerman pada Jumat (17/6) WIB, sementara Irlandia Utara meladeni Ukraina pada Kamis (16/7) WIB.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Polandia (4-4-2): Wojciech Szczesny (PG); Lukasz Piszczek, Kamil Glik, Michal Pazdan, Artur Jedrzejczyk; Jakub Blaszczykowski (Kamil Grosicki), Grzegorz Krychowiak, Krzysztof Maczynski (Tomasz Jodlowiec), Bartosz Kapustka (Slawomir Peszko); Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski
Pelatih: Adam Nawalka

Irlandia Utara (3-5-1-1): Michael McGovern (PG); Craig Cathcart, Gareth McAuley, Jonny Evans; Conor McLaughlin, Chris Baird (Jamie Ward), Patrick McNair (Stuart Dallas), Oliver Norwood, Shane Ferguson (Conor Washington); Steven Davis; Kyle Lafferty
Pelatih: Michael O'Neill.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016