Saint-Etienne, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Portugal untuk sementara mengungguli Islandia dengan skor 1-0 hingga babak pertama usai dalam laga penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Rabu dini hari WIB.

Keunggulan Portugal diperoleh berkat gol penyerang Fenerbahce, Nani, yang dicetaknya pada menit 31, lewat sebuah serangan cantik yang berawal di sisi sayap kanan.

Bek kanan Vieirinha maju membantu serangan Portugal dan menaklukkan bek kiri Islandia Ari Freyr Skulason sebelum menyodorkan bola kepada Andre Gomes di tepian dalam kotak penalti yang segera diteruskan kepada Nani.

Nani dengan mudah namun terarah melakukan sontekan yang mengelabui penjaga gawang Hannes Thor Halldorsson di tiang dekat.

Gol tersebut menjadi pemecah kebuntuan dari dominasi tinggi Portugal sepanjang babak pertama dengan penguasaan bola 67 persen dan 12 kali percobaan tembakan yang enam di antaranya menemui sasaran.

Halldorsson cukup sigap untuk mengamankan lima percobaan tembakan Portugal, sementara barisan pertahanan Islandia berperan menghalau empat tembakan lain.

Salah satu peluang emas yang diraih Portugal terjadi pada menit 21 saat kapten Cristiano Ronaldo melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti dan ditemui tandukan Nani, namun bola masih bisa dihalau Halldorsson dengan kaki kirinya.

Islandia sendiri sempat tampil keluar di awal laga saat Portugal masih beradaptasi dengan permainan.

Jika bukan karena kesigapan penjaga gawang Rui Patricio, maka serangan balik yang berujung tendangan kaki kanan Gylfi Sigurdsson bisa membawa Islandia unggul pada saat laga baru berjalan tiga menit.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Portugal (4-3-1-2): Rui Patricio (PG); Vieirinha, Pepe, Ricardo Carvalho, Raphael Guerreiro; Andre Gomes, Danilo Pereira, Joao Mario; Joao Moutinho; Nani, Cristiano Ronaldo
Pelatih: Fernando Santos

Islandia (4-4-2): Hannes Thor Halldorsson (PG); Birkir Saevarsson, Ragnar Sigurdsson, Kari Arnason, Ari Freyr Skulason; Johann Berg Gudmundsson, Aron Gunnarsson, Gylfi Sigurdsson, Birkir Bjarnason; Jon Dadi Boedvarsson, Kolbein Sogthorsson
Pelatih: Heimir Hallgrimsson.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016