Villeneuve d'Ascq (ANTARA News) - Terus tertantang meraih penampilan gemilang kemudian meraih kemenangan merupakan resep yang diusung oleh pasukan Rusia ketika menghadapi Slovakia dalam laga di Grup B Piala Eropa 2016.

Rusia layaknya lokomotif yang siap melaju di atas rel perjuangan laga. Pasukan Beruang Merah itu siap meladeni Slovakia dalam laga yang digelar di  tade Pierre-Mauroy, Villeneuve d'Ascq, pada Rabu malam, pukul 20.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Ketika mampu menahan imbang Timnas Inggris dengan skor 1-1 di Marseille, terang berderang Rusia memiliki modal kepercayaan diri penuh. Pasukan asuhan pelatih Leonid Slutsky bertanding dengan sarat perhitungan bahkan cenderung berhati-hati.

Melawan pasukan Inggris yang dihuni skuad muda bertalenta, Rusia tampil berbekal jargon "jangan sampai melakukan sekecil apapun kekeliruan", utamanya di lini pertahanan. Kini skema yang serupa siap ditampilkan menghadapi perlawanan Slovakia.

Baik Rusia maupun Slovakia memerlukan asupan poin. Beban ada di pundak pasukan asuhan Jan Kozak setelah menelan kekalahan 1-2 dari Wales. Pertanyaannya, apakah Kozak babak mengubah susunan pemainnya?

Jelas bahwa gagal meraih kemenangan dari laga melawan skuad Beruang Merah, maka Slovakia bukan tidak mungkin gulung tikar di perhelatan sepak bola di Benua Biru ini. Sebuah pertaruhan yang demikian krusial, karena itu memerlukan ekstra energi meraih kemenangan.

Di kubu Rusia, gelandang Denis Glushakov siap tampil menyusul cedera yang dialami ketika melawan Inggris. Hanya saja Rusia tidak layak juga memandang enteng Slovakia.

Ketika tampil di Marseille, Rusia menunjukkan pertahanan yang kokoh. Ini pekerjaan rumah yang tidak ringan bagi Slovakia.  Artem Dzyuba menjadi motor serangan Rusia. Pergerakannya perlu mendapat perhatian ekstra bagi barisan pertahanan Slovakia.
 
Komentar pelatih:

* Leonid Slutski (Rusia):

"Memang ada euphoria (setelah mampu menahan imbang Inggris). Ini kesempatan baik bagi kami. Hanya saja Piala Eropa bukan hanya ditentukan hasil satu laga. Saya tidak ingin mengatakan bahwa kami favorit dalam laga nanti (melawan Slovakia)."

"Kami perlu tampil sama baiknya ketika melawan Inggris. Saya tidak beranggapan bahwa pertandingan nanti bakal berlangsung lebih sengit dari laga sebelumnya meski saya tahu juga tidak akan mudah. Setiap tim dalam grup ini memiliki kesempatan meraih kemenangan."

* Ján Kozák (Slovakia):

"Timnas Rusia dihuni banyak pemain yang membela klub seperti CSKA Moskwa dan Zenit. Mereka secara reguler tampil di ajang Liga Champions. Mereka mengalami perkembangan pesat di bawah arahan Slutski."

"Timnas Rusia terorganisasi secara rapi, mengandalkan transisi bermain yang apik, dari bertahan ke menyerang, begitu sebaliknya. Kami tidak menganggap kekalahan dari Wales mampu meruntuhkan semangat. Kami melihat bahwa kami tidak mampu memanfaatkan peluang, sementara Wales banyak membuat kekeliruan."     

Prediksi susunan pemain:

* Rusia (4-2-3-1):

 Akinfeev (penjaga gawang); Smolnikov, Ignashevich, V Berezutski, Schennikov; Neustädter, Glushakov; Shatov, Shirokov, Kokorin; Dzyuba.

* Slovakia (4-2-3-1):
 Kozáčik (penjaga gawang); Pekarík, Škrtel, Durica, Hubočan; Hrošovsky; Mak, Kucka, Hamšík, Weiss; Nemec/Duda.
 
Data dan fakta (Opta Facts):

* Ini kali kesembilan Rusia bersua dengan Slovakia. Rusia meraih tiga kemenangan sementara Slovakia memetik dua kemenangan (tiga imbang).
* Pertemuan kedua tim menghasilkan tujuh gol dalam enam pertemuan.
* Ini kali pertama Rusia menghadapi Slovakia di kejuaraan Eropa, meski kedua tim bertemu dua kali di babak kualifikasi .    
* Slovakia tidak mencetak gol selama 243 menit ke gawang Rusia. Mereka hanya melesakkan satu gol dalam empat laga terakhir melawan Rusia.
* Rusia hanya meraih dua clean sheets dalam 16 laga terakhir di ajang Piala Eropa.
* Slovakia dikalahkan Wales di pembukaan laga Piala Eropa 2016, meski mereka belum pernah kalah sebelumnya sejak Oktober 2013.    
* Rusia hanya mengklaim satu kemenangan dari enam laga (dua imbang, tiga kalah).    
* Tiga dari empat gol yang dikoleksi Rusia di kejuaraan Eropa justru datang di menit-menit awal laga (setelah 11 menit laga diadakan).  
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)
     
* Rusia: D D L L W


11/06/2016 Inggris 1 - 1 Rusia
05/06/2016 Serbia 1 - 1 Rusia
01/06/2016 Rusia 1 - 2 Repp. Ceska
29/03/2016 Prancis 4 - 2 Rusia
26/03/2016 Rusia 3 - 0 Lithuania

* Slovakia:  L D W W D

11/06/2016 Wales 2 - 1 Slovakia
04/06/2016 Slovakia 0 - 0 Irlandia Utara
29/05/2016 Jerman 1 - 3 Slovakia
27/05/2016 Slovakia 3 - 1 Georgia
29/03/2016 Rep. Irlandia 2 - 2 Slovakia

Head To Head:
 
26/05/2014 Rusia 1 - 0 Slovakia
07/10/2011 Slovakia 0 - 1 Rusia
07/09/2010 Rusia 0 - 1 Slovakia
12/10/2005 Slovakia 0 - 0 Rusia
04/09/2004 Rusia 1 - 1 Slovakia

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Rusia 2 - 1 Slovakia (25 persen)
* Rusia 1 - 1 Slovakia (16 persen)
* Rusia 1 - 2 Slovakia (12 persen)
 
Prediksi laga:

* Rusia perlu memperoleh poin ketika melawan Slovakia. Ini lantaran buah dari hasil imbang ketika melawan Inggris.
* Rusia perlu tampil dengan kepercayaan diri penuh di dua laga tersisa di ajang Piala Eropa 2016.
* Hanya saja, Rusia hanya meraih tiga kemenangan dari delapan laga melawan Slovakia, meski mereka meraih kemenangan di dua laga terakhir.
* Slovakia memerlukan kemenangan agar dapat menjaga asa untuk lolos dari fase grup.
* Hanya saja Slovakia belum pernah mengalahkan Rusia sejak 2010. Ini catatan tersendiri bagi pasukan asuhan pelatih Jan Kozak.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com"

* Rusia: 2
* Slovakia: 1   

Oleh A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016