Nice, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Spanyol untuk sementara nyaman dengan unggul 2-0 pada pertandingan fase grup di Grup E Piala Eropa melawan Turki hingga babak pertama usai di Stadion Allianz Rivier, Nice, Prancis, Sabtu dini hari WIB.

Penyerang Celta Vigo, Nolito, berperan besar atas dua gol penunjang keunggulan Spanyol dengan mencetak satu di antaranya dan mengirimkan assist untuk yang lainnya.

Sang juara bertahan tampil dominan dengan menguasai permainan sebagaimana diperlihatkan statistik Opta yang menunjukkan mereka mengendalikan 68 persen bola sepanjang babak pertama dan melepaskan 10 kali percobaan tembakan yang tiga di antaranya menemui sasaran.

Namun demikian gol pembuka Tim Matador baru tercipta 11 menit menjelang waktu normal babak pertama rampung melalui sundulan penyerang Juventus Alvaro Morata pada menit 34.

Morata yang lolos dari jebakan offside menyambut umpan lambung yang dikirimkan Nolito dari sudut kotak penalti dan menyarangkan bola melewati penjaga gawang Volkan Babacan.

Gol itu meningkatkan kepercayaan diri Andres Iniesta dkk yang terus membangun serangan demi memperbesar keunggulan mereka.

Hasilnya tiga menit berselang dari gol pembuka, Spanyol menggandakan keunggulan mereka lewat Nolito, yang sukses memanfaatkan blunder Mehmet Topal yang gagal mengamankan sebuah bola lambung mengarah ke dalam kotak penalti dan sundulannya justru menjatuhkan bola ke kaki Nolito yang sigap melepaskan tendangan sentuhan pertama ke sisi kanan gawang Babacan.

Keteledoran itu bukan kali pertama diperlihatkan Topal, yang juga gagal mengantisipasi umpan lambung Nolito yang berujung gol pembuka keunggulan Spanyol.

Apabila kedudukan bertahan maka tim besutan Vicente del Bosque akan memastikan satu tempat pada babak 16 besar, sebaliknya langkah pasukan arahan Fatih Terim akan terhenti hanya pada fase grup terlepas dari hasil apa pun yang mereka raih pada laga ketiga mereka.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Spanyol (4-3-3): David de Gea (PG); Juanfran, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Cesc Fabregas, Sergio Busquets, Andres Iniesta; David Silva, Alvaro Morata, Nolito
Pelatih: Vicente Del Bosque

Turki (4-3-3): Volkan Babacan (PG); Gokhan Gonul, Mehmet Topal, Hakan Balta, Caner Erkin; Ozan Tufan, Selcuk Inan, Oguzhan Ozyakup; Hakan Calhanoglu, Burak Yilmaz, Arda Turan
Pelatih: Fatih Terim

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016