Jakarta (ANTARA News) - Penjaga gawang Swiss Yann Sommer dan bek tengah Albania Arlind Ajeti dinobatkan sebagai "man of the match" atau pemain terbaik pada dua laga fase grup terakhir di Grup A Euro 2016.

Melawan Prancis, Sommer melakukan empat penyelamatan sehingga melewati Gianluigi Buffon dan David de Gea sebagai penjaga gawang berperingkat tertinggi. Peringkat keseluruhan dia adalah 31. Dia juga mempertahankan clean sheet keduanya dalam turnamen ini.

Sebaliknya dari sisi Prancis, penampilan gemilang Paul Pogba membuatnya naik peringkat dari 35 menjadi 13. Dia tiga kali berusaha menciptakan gol yang dua di antaranya menghantam tiang gawang.

Pogba juga menciptakan tiga peluang untuk rekan-rekan satu timnya, memaksakan tiga tendangan penjuru dan mengirimkan dua umpan silang berpotensi membuka gol. Dia juga bagus dalam bertahan dengan melakukan dua tekel dan empat sapuan.

Pada laga Albania melawan Rumania, bek tengah Arlind Ajeti menjadi "man of the match" setelah menginspirasi barisan pertahanan Albania untuk membuat Rumania tak bisa menciptakan gol pada laga yang membuahkan kemenangan bersejarah Albania itu.

Ajeti membuat empat sapuan, tiga pencegatan bola, dua tekel dan sekali blok yang membantu timnya clean sheet. Dia kini naik ke peringkat 19 terbaik untuk bek tengah, demikian laman Piala Eropa UEFA.


Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016