Marseille, Prancis (ANTARA News) - Laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 antara Ukraina menghadapi Polandia masih berkedudukan imbang tanpa gol hingga babak pertama usai di Stadion Velodrome, Marseille, Prancis, Selasa.

Jika kedudukan bertahan maka Polandia akan finis di urutan kedua dengan koleksi lima poin lantaran di laga lain Jerman sementara menang 1-0 atas Irlandia Utara, sementara Ukraina setidaknya memiliki satu poin saat mereka pulang ke tanah airnya.

Kedua tim sama-sama membuang sejumlah peluang sepanjang 45 menit pertama, dan Ukraina yang sudah dipastikan tersingkir dari Piala Eropa justru tampil dominan di babak pertama.

Statistik Opta mencatat tim besutan Mykhailo Fomenko itu menguasai 65 persen pengendalian bola sepanjang babak pertama, namun sayangnya amat tumpul di lini depan dengan hanya melepaskan enam percobaan tembakan saja yang cuma satu tepat sasaran.

Polandia yang jarang mengendalikan bola, justru lebih agresif dengan melepaskan jumlah percobaan tembakan yang sama dengan Ukraina, bahkan dua di antaranya menemui sasaran.

Ukraina berkesempatan membuka keunggulan pada menit 17 saat Andriy Yarmolenko berhasil lepas dari kawalan Michal Pazdan, namun tendangannya melebar jauh dari sasaran.

Sementara pada menit 21 Robert Lewandowski gagal menemui umpan sundulan Kamil Glik menyambut umpan silang Arkadiusz Milik di hadapan gawang.

Pada menit 40 barisan pertahanan Polandia melakukan kesalahan dan hampir saja memberi kesempatan emas untuk Yevhen Konoplyanka jika Artur Jedrzejczyk tak bereaksi cepat menyapu bola.

Sebaliknya pada menit 45 sebuah tendangan jarak jauh Tomasz Jodlowiec masih tepat mengarah ke pelukan penjaga gawang Andriy Pyatov.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi EUFA.

Ukraina (4-2-3-1): Andriy Pyatov (PG); Artem Fedetskiy, Yevhen Khacheridi, Olexandr Kucher, Bogdan Butko; Taras Stepanenko, Ruslan Rotan; Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Yevhen Konoplyanka; Roman Zozulya
Pelatih: Mykhailo Fomenko

Polandia (4-4-2): Lukasz Fabianski (PG); Thiago Conek, Kamil Glik, Michal Pazdan, Artur Jedrzejczyk; Piotr Zielinski, Grzegorz Krychowiak, Tomasz Jodlowiec, Bartosz Kapustka; Arkaidusz Milik, Robert Lewandowski
Pelatih: Adam Nawalka

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016