Solo (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek melakukan inspeksi mendadak di Stasiun Solobalapan di Surakarta, Rabu, untuk mengecek persiapan pelayanan kesehatan menyambut arus mudik Labaran 2016.

Menkes yang didampingi Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kemenkes, Bambang Wibowo, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, sebelumnya juga melakukan sidak di Terminal Bus Tirtonadi untuk mengetahui kesiapan pelayanan kesehatan terhadap awal bus untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas.

Menkes Nila Juwita menyambut baik persiapan tim kesehatan dalam pelayanan di setiap terminal, stasiun, dan Puskesmas dalam menyambut Lebaran 2016.

Ia bisa melihat akibat kecelakaan penyebab nomor satu pengemudinya meski yang lainnya juga ikut diperiksa kesehatanya, yakni tekanan darah dan apakah mengkonsumsi alkohol.

"Hal ini, demi keselamatan para penumpang dan semuanya agar selama sampai tujuan," kata Menkes di sela sidak di Stasiun Solobalapan.

Menurut Menkes dari hasil pemeriksaan dari Jakarta melalui jalur pantura hingga ke Solo pelayanan kesehatan semuanya sudah siap untuk rumah sakit, Puskemas, tempat pelayanan kesehatan, sedangkan Pos kesehatan lainnya baru dioperasikan H-12 Idulfitri 1437 Hijriah.

"Persiapan pelayanan kesehatan ini, upaya dari pusat dan terbaru call center 119 untuk pelayanan pertolongan cepat di lapangan yang sudah memiliki 27 tempat," kata Menkes.

"Kami berharap dengan pelayanan call center ini, pertolongan akan lebih cepat. Meskipun, pelayanan belum bisa optimal, tetapi kita akan terus perbaiki-perbaiki. Selain sistem, juga sumber daya manusianya (SDM) harus siap," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016