Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Argentina melaju ke final Copa America Centenario dan berpeluang merebut tropi ini setelah terakhir kali mengangkatnya pada 1993.

Argentina akan menghadapi pemenang laga semifinal antara Kolombia melawan Chile. Partai final akan digelar pada Minggu (26/6) waktu setempat atau Senin pagi waktu Indonesia barat.

Tim Tango lolos ke babak final setelah menumbangkan Amerika Serikat dengan empat gol tanpa balas. Gol diciptakan oleh Ezequiel Lavezzi, Lionel Messi dan dua gol Gonzalo Higuain.

Pada fase penyisihan grup, timnas besutan Gerardo Martino itu mendapatkan poin sempurna yaitu sembilan angka dari tiga pertandingan dan hanya kebobolan satu gol. Mereka berada di Grup D bersama Chile, Panama dan Bolivia.

Dalam pertandingan awal melawan Chile, Argentina menang 2-1 berkat gol Ever Banega dan Angel di Maria.

Pada pertandingan kedua kontra Panama, Argentina menang dengan skor telak 5-0. Lionel Messi yang masuk sebagai pemain pengganti setelah pulih dari cedera punggung, melesakkan dua gol.

Lionel Messi tidak dimainkan sejak awal saat melawan Bolivia pada 15 Juni. Meskipun ia tidak mencetak gol, Argentina berhasil menang 3-0 yang mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen Grup D dan melenggang ke perempat final.

Venezuela yang menjadi lawan mereka di partai perempat final, berhasil dikalahkan dengan skor 4-1. Messi yang akhirnya dimainkan sejak awal laga, turut menyumbangkan gol, bersama Erik Lamela dan dua gol Gonzalo Higuain.

Pada semifinal, mereka bersua dengan tim tuan rumah Amerika Serikat, yang juga menjadi korban keganasan Argentina dengan skor 4-0.

Tim Nasional Argentina telah memenangi tropi Piala Amerika sebanyak 14 kali dan hanya kalah dari Uruguay dengan 15 tropi. Argentina menjadi finalis yang kalah atau runner up sebanyak 13 kali.

Hasil pertandingan Argentina di fase grup:

Argentina 2 - 1 Chile
Argentina 5 - 0 Panama
Argentina 3 - 0 Bolivia

Babak perempat final:

Argentina 4 - 1 Venezuela

Babak semifinal:

Amerika Serikat 0 - 4 Argentina

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016