Saint-Denis, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Islandia mengungguli Austria 1-0 hingga babak pertama usai dalam laga pamungkas penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Prancis, Rabu.

Apabila kedudukan bertahan maka Islandia yang berstatus sebagai tim debutan putaran final Piala Eropa itu akan berhak lolos ke babak 16 besar menempati urutan kedua klasemen dengan raihan lima poin, dengan catatan kedudukan imbang 1-1 di laga Hongaria kontra Portugal tetap bertahan.

Sementara Austria akan menyusul langkah Ukraina, Rumania, Rusia dan Republik Ceko meninggalkan Prancis.

Keunggulan Islandia diperoleh berkat gol penyerang Kaiserlautern, Jon Dadi Boedvarsson, pada menit 18.

Berawal dari sebuah lemparan ke dalam khas Aron Gunnarsson diteruskan dengan sundulan oleh Kari Arnason yang menjatuhkan bola kepada Boedvarsson, yang menggiring bola sejenak melewati Julian Baumgartlinger sebelum melepaskan tendangan terarah yang tak mampu dihalau penjaga gawang Robert Almer.

Austria sempat memiliki kesempatan menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti, namun dewi fortuna agaknya memalingkan wajah dari tim besutan Marcell Koller itu.


Pada menit 36, bek Ari Freyr Skulason melakukan pelanggaran terhadap David Alaba di dalam kotak penalti hingga wasit Szymon Marciniak menunjuk titik putih, namun Aleksandar Dragovic yang menjadi algojo gagal mencetak gol sebab bola tendangannya ditolak oleh tiang gawang.

Susunan pemain kedua tim menurut laman resmi UEFA.

Islandia (4-4-2): Hanner Thor Halldorsson (PG); Birkir Saevarsson, Kari Arnason, Ragnar Sigurdsson, Ari Freyr Skulason; Johann Berg Gudmundsson, Aron Gunnarsson, Gylfi Sigurdsson, Birkir Bjarnason; Kolbein Sigthorsson, Jon Dadi Boedvarsson
Pelatih: Helmir Hallgrimson & Lars Lagerback

Austria (4-2-3-1): Robert Halmer (PG); Aleksandar Dragovic, Sebastian Proedl, Martin Hinteregger, Christian Fuchs; Stefan Ilsanker, Julian Baumgartlinger; Florian Klein, David Alaba, Marko Arnautovic; Marcel Sabitzer
Pelatih: Marcell Koller

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016