Brebes (ANTARA News) - Ulah pengemudi yang ugal-ugalan menjadi pemicu kemacetan arus lalu lintas di jalur mudik Brebes menuju Tegal dan Purwokerto, Jawa Tengah, pada Sabtu malam.

Berdasarkan pantauan ANTARA News pada Sabtu malam hingga dinihari di jalur tersebut, banyak pengemudi kendaraan mudik yang berkendara ugal-ugalan, mengambil jalur kanan di tengah antrean panjang dan membuat akses kendaraan lain dari arah berlawanan tertutup.

Kondisi itu telah memicu kemacetan parah di sejumlah titik hingga para pemudik berkendaraan pribadi tertahan atau terjebak kemacetan selama berjam-jam di jalur tersebut.

Kemacetan parah antara lain terjadi di ruas Tonjong, Kabupaten Brebes, hingga Tegal, terutama menjelang penyempitan jalan, pintu kereta, atau persimpangan jalan.

Sementara peran polisi yang diharapkan membantu memandu dan mengatur lalu lintas, terlihat sangat minim. Akibat, terjadi kemacetan parah, banyak pengemudi yang berangkat dari Jakarta pada Sabtu dinihari, Sabtu malam baru terlepas dari jebak kemacetan.

Sementara di jalan tol Cipali, antrean dan kemacetan kendaraan pada Sabtu malam hingga pagi sebagian besar terjadi menjelang rest area akibat arus kendaraan yang keluar atau masuk area tersebut.

Antrean panjang juga terjadi di pintu keluar tol Pejagan pada Sabtu sore, sebelum kemudian para pemudik terjebak kemacetan di Brebes, Tegal, dan Bumiayu, pada malam harinya.

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016