Jakarta (ANTARA News) - Kepala Rumah Tahanan Cipinang Asep Sutandar, memperkirakan ada sekitar 1.600 orang yang akan berkunjung ke Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur, dalam rangka Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Untuk kunjungan, akan sama saja sebagaimana tahun lalu, sekitar setengah dari jumlah narapidana," kata dia, ketika ditemui usai mengikuti shalat Idul Fitri, Rabu. Warga binaan penghuni Rutan Cipinang sendiri berjumlah 3.369 orang.

Dia mengatakan tidak semua keluarga narapidana dan tahanan berkunjung ke rutan untuk menjenguk karena beberapa berada jauh dari Jakarta atau merupakan perantau.

"Jadi nanti dikunjungi oleh petugas-petugas sendiri saja," kata dia.

Rumah Tahanan Cipinang menyelenggarakan kunjungan bagi keluarga tahanan dalam rangka Idul Fitri 1437 H. Kunjungan khusus dijadwalkan pada Rabu (6/7) hingga Jumat (8/7).

Pengambilan nomor urut untuk kunjungan Lebaran itu berlangsung pagi (08.00 WIB) dan siang (12.30 WIB untuk Rabu dan Kamis, 13.00 WIB untuk Jumat)

Kunjungan Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7) ditiadakan. Kunjungan di Rumah Tahanan Cipinang akan berlangsung seperti biasa pada Senin (11/7).

Selama kunjungan, masyarakat dilarang membawa masuk alat komunikasi dan diimbau menyimpan sendiri mengingat pihak rumah tahanan tidak menyediakan tempat penitipan.

Sementara itu, pedangdut Saipul Jamil, yang mendekam di Rumah Tahanan Cipinang terkait kasus pencabulan, tengah menantikan kedatangan keponakan dan ibu mertuanya yang akan mengunjunginya pada dua hari Lebaran.

"Iya, keluarga beberapa mulai hari ini dan besok mau merayakan Lebaran di sini," kata dia. 

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016