Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Prancis mengungguli Jerman di babak pertama berkat penalti Antoine Griezmann dalam pertandingan semifinal Euro 2016 di Stade Velodrome, Marseille, Prancis, pada Kamis waktu setempat (Jumat dini hari WIB).

Prancis langsung menggebrak sejak menit awal laga. Antoine Griezmann menerobos pertahanan Jerman setelah bekerjasama dengan Matuidi dan melepaskan tendangan mendatar, tetapi kiper Manuel Neuer masih sigap menepis bola.

Pada menit ke-14 Jerman berbalik menyerang lewat sepakan Emre Can dari tepi kotak penalti usai memaksimalkan umpan Jonas Hector, sayangnya bola sukses mementahkan kiper Hugo Lloris.

Toni Kroos pada menit ke-22 merangsek masuk ke area pertahanan Jerman dan terjatuh di dalam kotak penalti setelah berduel dengan Samuel Umtiti dan Paul Pogba, tetapi wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Prancis mendapat hadiah tendangan bebas pada menit ke-25 setelah Dimitri Payet dijatuhkan Schweinsteiger. Payet yang mengeksekusi tendangan bebas gagal mengkonversinya menjadi gol meskipun bola mengarah ke gawang. Neuer dengan mudah menangkap bola.

Hugo Lloris kembali menunjukkan kegemilangannya pada menit ke-27 dengan menepis bola sepakan keras Schweinsteiger dari jarak jauh.

Oliver Giroud mendapatkan peluang emas pada menit ke-41 setelah mencuri bola dari Jerome Boateng dan menerobos ke area pertahanan Jerman, namun penyerang Arsenal itu terlalu lambat dan berhasil ditekel sempurna oleh Benedikt Howedes.

Prancis mendapatkan hadiah penalti pada masa injury time babak pertama setelah Schweinsteiger menghalau bola dengan tangannya di area kotak terlarang. Antoine Griezman yang maju sebagai eksekutor penalti sukses menunaikan tugasnya dengan sempurna. Kiper Manuel Neuer salah membaca arah laju bola.

Hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan tercipta. 1-0 untuk keunggulan Prancis.

Susunan pemain:

Jerman: (4-2-3-1) Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Benedikt Howedes, Jonas Hector, Emre Can, Bastian Schweinsteiger, Mesut Özil, Toni Kroos, Julian Draxler, Thomas Muller

Prancis: (4-2-3-1) Hugo Lloris, Bacary Sagna, Laurent Koscielny, Samuel Umtiti, Patrice Evra, Paul Pogba, Blaise Matuidi, Moussa Sissoko, Antoine Griezmann, Dimitri Payet, Olivier Giroud

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016