London (ANTARA News) - Manajer Tottenham Hotspur Maurico Pochettino memberi warta pengajaran mengenai tips menjadi manajer handal dengan membela striker Harry Kane yang menurut sejumlah pengamat berpenampilan kurang mengesankan dalam ajang Piala Eropa 2016.

Kane gagal mencetak sebiji gol pun dalam empat laga Piala Eropa 2016 yang digelar di Prancis.

Pocchetino terang-terangan menegaskan bahwa Kane tidak bisa begitu saja dijadikan kambing hitam atas performa buruk timnas Inggris di Piala Eropa lalu, sebagaimana dikutip dari laman fourfourtwo.

Manajer Spurs itu bahkan menunjuk bahwa manajer timnas Inggris Roy Hodgson pantas disalahkan atas penampilan skuad Three Lions.

Timnas Inggris secara mengenaskan didepak oleh Islandia di babak 16 besar. Lantas, Kane disalahkan bahkan dijadika kambing hiam atas kekalahan itu.

"Ketika anda menganalisis laga antara Inggris melawan Islandia maka jelas bahwa sepak bola adalah sepak bola, yang terkadang sulit menemukan alasan dari kekalahan. Bagi saya, sulit juga bicara mengenai penampilan Inggris," kata Pochettino.

"Saya sangat terkejut ketika Kane mendapat kritik, padahal tidak ada alasan untuk mengkritik dia. Tidak ada alasan. Ada kecenderungan ketika anda kecewa dengan hasil yang diperoleh maka dicarilah alasan dan kambing hitam atas kegagalan itu."

"Bagi saya, Harry Kane sama dengan para pemain lain, ada yang baik, ada juga yang buruk. Ini bukan melulu tanggungjawan. Dalam sepak bola, anda perlu berbagi tanggungjawab. Bagi saya, tanggungjawab pertama ada di tangan manajer, staf pelatih, setelah itu pemain," katanya.   

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016