Cirebon (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita siap melakukan gebrakan yang pro-terhadap kepentingan rakyat dengan tiga program utama yang akan dijalankan dalam masa jabatannya.

"Kami membuat tiga program yang merupakan amanat presiden dan itu semua pro-kepada rakyat," kata Enggar di Cirebon, Jumat.

Tiga program yang akan dijalankan yaitu stabilkan harga pasaran, cukupi kebutuhan nasional dan serap hasil produksi dalam negeri.

Enggar menuturkan impor bukan merupakan solusi utama dalam penurunan harga barang, melainkan juga bisa dengan cara menyerap hasil produksi dalam negeri, baik pertanian maupun lainnya.

"Setiap hasil panen harus diserap, kalau hasilnya kurang bagus nanti kita akan tingkatkan kualitasnya," tuturnya.

Ia menambahkan jika hasil produksi masyarakat benar-benar bisa diserap, sangat memungkinkan untuk bisa memenuhi kebutuhan nasional, sehingga tidak perlu melakukan impor lagi. Oleh karena itu, pihaknya akan lebih memprioritaskan hasil dalam negeri untuk kebutuhan nasional nantinya.

"Bila para petani sanggup menyediakan beras, garam dan kebutuhan lainnya, maka pemerintah akan lebih mengutamakan hasil dari rakyat sendiri. Kita pastikan, akan menyerap seluruh hasil produksi rakyat, salah satunya adalah hasil pertanian," katanya menambahkan.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2016