Denpasar (ANTARA News) - Ratusan warga Kampung Jawa, di Kota Denpasar, Bali, ikut ambil bagian dalam lomba gebuk bantal, di Sungai Badung, yang melewati daerah itu dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Indonesia.

"Tradisi gebuk bantal sudah dilakukan masyarakat setempat sejak 50 tahun silam yang digelar secara rutin dalam memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia," kata Ketua Panitia Lomba Gebuk Bantal, Fatahillah, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan yang unik dan menarik itu tetap menjadi pilihan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia kali ini.

"Antusiasme warga terlihat saat lomba gebuk bantal berlangsung, karena para peserta mulai anak anak, dewasa hingga orang tua ikut ambil bagian sebagai peserta," ujar Fatahillah.

Untuk menjadi pemenang dalam kegiatan itu karena harus mampu mengalahkan lawannya dengan memukulkan bantal ke musuh hingga jatuh ke sungai.

Fatahillah menjelaskan, kegiatan itu salah satu upaya menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa diantara warga sekaligus silahturahmi warga Kampung Jawa.

Kegiatan tersebut di sungai pinggir jalan Kampung Jawa, Denpasar, juga menarik perhatian para pengendara sepeda motor yang sedang melintas di jembatan untuk menyaksikan keseriusan dan kelucuan peserta dalam lomba gebuk bantal itu. 

Pewarta: Pande Yudha dan Gembong Ismadi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016