Jakarta (ANTARA News) - Satu hari menjelang penyampaian Pidato Kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Agustus, segala persiapan fisik gedung parlemen telah rampung, menurut Sekretaris Jenderal DPR, Winantuningtyastiti. 

"99 persen siap, sisanya tinggal memeriksa undangan," ujar Win.

Berbeda dengan tahun lalu, sejumlah sisi Gedung Nusantara yakni taman dihias menggunakan bunga-bunga lokal Indonesia, yang didominasi warna merah dan putih. 

Ada kastuba, sedap malam, mawar semuanya lokal yang murah meriah. Warnanya merah dan putih. Meriah dengan bunga, ada yang artificial ada yang asli," kata Win. 

Selain itu, khusus di ruangan rapat Paripurna I, dihias ornamen nusantara berbentuk gugusan pulau yang terbuat dari bunga-bunga, bernuansa warna merah dan putih. 

Ornamen ini diletakkan tepat di belakang Patung Garuda, persis di belakang podium. 

Win mengatakan, di ruangan rapat kursi Presiden dan Wakil bahkan masih menggunakan kursi yang sama dengan yang dipakai Presiden Soekarno semasa dulu. 

"Kursi Presiden, Wakil Presiden, masih asli sejak era Presiden Soekarno. Sementara untuk kursi para menteri hanya diganti joknya, tetapi warnanya tetap," tutur Win.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016