Solo (ANTARA News) - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan wacana merelokasi ribuan pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market di kompleks Stadion Manahan Solo tetap jalan terus.

Pemkot Surakarta sampai saat ini masih mencari lahan yang tepat untuk menampung PKL pasar tiban setiap hari Minggu di Stadion Manahan tersebut," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo, Senin.

"Ya relokasi Sunday Market tetap jalan terus, nanti kalau sudah dapat tempat yang tepat langsung pindah," kata FX Hadi Rudyatmo yang akrab dipanggil Rudy.

Ia beralasan penataan ulang Sunday Market di Stadion Manahan merupakan solusi sementara bagi ribuan PKL yang mengais rezeki di sana. Namun lokasi yang kini ditempati bukanlah permanen, sehingga jika sewaktu-waktu Pemkot membutuhkan maka pedagang siap ditata kembali.

Rudy meminta pedagang mematuhi setiap aturan yang telah ditetapkan Pemkot.

Ia memastikan relokasi PKL Sunday Market akan tetap dilaksanakan, meski pihaknya belum bisa memastikan kapan relokasi tersebut. Kebijakan itu, masih terus digodok tim Pemkot.

Dikatakan relokasi PKL Sunday Market ke luar Stadion Manahan dilakukan seiring rencana Pemkot ingin mengembalikan fungsi awal Stadion Manahan untuk kegiatan olahraga. Hal ini sesuai dengan banyaknya laporan dari masyarakat yang meminta Stadion Manahan dikembalikan sesuai fungsi awalnya sebagai kawasan berolahraga.

Rudy berjanji akan menyosialisasikan pemindahan PKL Sunday Market, termasuk akan berdiskusi dengan pedagang terkait rencana relokasi tersebut. Namun hal itu baru akan dilakukan setelah konsep pemindahan pedagang dirancang dengan matang.

Ia mengatakan prosesnya, pemindahan PKL sama seperti yang dilakukan Pemkot pada 2006 silam. Yakni saat Pemkot memindahkan PKL Sunday Market dari Jalan Adisucipto ke dalam Stadion Manahan. "Kami menampung aspirasi masyarakat yang menginginkan Manahan dikembalikan sebagaimana fungsinya sebagai kawasan olahraga," katanya.

Mekanisme pemindahan PKL Sunday Market ke lokasi lain akan dilakukan Pemkot bertahap. Tahapan dimulai dengan menyusun perencanaan, kajian relokasi termasuk lahan untuk menampung pedagang. Kelayakan lokasi pengganti menjadi penting dan harus dipecahkan sebelum direlokasi.

Kepala Satpol PP Pemkot Surakarta Sutarjo mengatakan akan mengawasi gelaran dagangan PKL Sunday Market. Pemkot menetapkan batasan lahan yang boleh digunakan untuk area berjualan hanya di sekitar velodrome. Kebijakan itu untuk mengembalikan fungsi Stadion Manahan sebagai tempat berolahraga.

"Lokasi jualan dibatasi seluas dua meter persegi dan maksimal enam meter persegi," kata Sutarjo sambil menambahkan selain membatasi lahan, Pemkot juga membatasi jenis dagangan yang diperbolehkan dijajakan.

Pembatasan jenis dagangan diperketat karena keterbatasan lahan sekaligus menjaga kebersihan, kenyamanan dan keamanan Manahan.

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2016