Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan bahwa Indonesia siap mengundang para investor untuk menyukseskan roadmap (peta jalan) e-commerce yang akan ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza di Jakarta, Minggu, kepada wartawan mengatakan, hal itu disampaikan Menteri Rudiantara pada acara Indonesia Business Forum di Shanghai 3 September 2016.

Menteri Komunikasi dan Informatika, menjadi pembicara dalam acara Indonesia Business Forum tersebut. Indonesia Business Forum adalah forum yang difasilitasi oleh BKPM dan Kedutaan Republik Indonesia di Shanghai yang dihadiri oleh ratusan pelaku bisnis dari Tiongkok dan Indonesia.

Acara yang diselenggarakan di Shangrilla Hotel-Shanghai ini dikelola oleh INACHAM (Indonesia China Chamber of Commerce) dan CFLD (China Fortune Land Development) untuk membantu para pelaku usaha dari Indonesia dan Tiongkok meningkatkan nilai perdagangan dan investasi.

Menkominfo dalam kesempatan tersebut mengatakan, sebagaimana diketahui peta jalan e-commerce merupakan serangkaian lebih dari 30 inisiatif untuk mendorong berkembangnya e-commerce dan digital business di Indonesia.

Inisiatif-inisiatif tersebut menyangkut tujuh isu pokok yaitu Logistik, Infrastruktur Komunikasi, Keamanan Siber, Pajak, Perlindungan Konsumen, Pendanaan dan investasi serta Pendidikan dan SDM. Inisiatif-inisiatif dengan 7 agenda utama tersebut yang apabila dikelola dengan baik dan disiplin maka akan menjadi pendorong kesuksesan e-commerce dan digital business nasional.

Beberapa kunci untuk implementasi roadmap e-commerce yang telah dimulai sejak dini adalah mendorong Indonesia menjadi the digital energy of Asia, menciptakan Indonesia menjadi negara dengan digital economy yang terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, mendorong pencapaian transaksi pasar e-commerce sampai 130 miliar dolar AS pada 2020 serta menciptakan 1.000 teknopreneur nasional yang mumpuni dengan nilai perusahaan mencapai 10 miliar dolar AS.

Untuk mendukung pencapaian implementasi e-commerce tersebut, maka dari sisi Infrastruktur, Kementerian Kominfo mendorong kemampuan jaringan broadband yang menghubungkan pulau-pulau atau kota-kota adalah keharusan, keniscayaan.

Untuk itu Pemerintah melalui proyek Palapa Ring membangun jaringan serat optik di daerah yang oleh swasta tidak dibangun karena dinilai tidak ekonomis. Dengan demikian, masyarakat di seluruh Indonesia ke depan akan menikmati layanan akses internet.

Untuk memajukan ekonomi digital nasional, Pemerintah juga memberikan kesempatan investasi untuk e-commerce (marketplace) dengan membuka peluang investasi sebesar-besarnya dengan memperhatikan ekosistem digital ekonomi nasional.

Investasi asing dapat dibuka sampai dengan 49 persen dalam kepemilikan modal perusahaan untuk nilai Investasi asing antara Rp10 miliar - Rp100 miliar, dan kepemilikan modal sampai dengan 100 persen untuk nilai investasi di atas Rp100 miliar. Sedangkan secara horisontal perusahaan startup yang nilai perusahaan nya sampai dengan Rp 10 Milyar, maka masih masuk kategori UKM.

Menkominfo menyampaikan dalam rangkaian pertemuan dengan para investor dari Tiongkok, bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan investasi yang berguna bagi kemajuan ekosistem industri digital di Indonesia dan UMKM yang akan memasuki dunia digital.

(Tz.M041/E001)

Pewarta: Muhammad Arief
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016