Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR, Ade Komarudin, memberikan apresiasi atas kinerja pemerintah khususnya Kementerian Agama yang dinilai berhasil meningkatkan pelayanan ibadah haji tahun ini, dibanding tahun sebelumnya, pelayanan ibadah haji tahun ini dianggap lebih baik.

"Saya mengapresiasi peningkatan pelayanan ibadah haji tahun ini," kata Komarudin dalam siaran pers di Jakarta. Komarudin saat ini senang berada di Makkah melaksanakan ibadah haji.

Dia tiba di Arab Saudi sejak hari Minggu (4/9) dan memimpin langsung Tim Pengawas Haji DPR. Politisi Partai Golkar itu ditemani Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher, dan Menteri Agama, Lukman Saefuddin.

Selain meninjau lokasi pemondokan jamaah, mereka  juga meninjau sejumlah fasilitas lain, di antaranya tenda di Padang Arafah dan pelayanan kesehatan serta catering yang disiapkan bagi jamaah haji Indonesia. Mereka juga berdialog dengan jemaah haji dari berbagai sumber, apakah itu reguler, ONH Plus, serta dengan petugas haji di Arab Saudi.

Walau begitu, kata dia, "Fasilitas tenda di Arafah tidak sesuai harapan dan kurang layak. Ini salah satu kekurangannya. Ini harus menjadi perhatian pemerintah untuk segera dibenahi. Seluruh temuan-temuan ini akan menjadi catatan Timwas dan nanti akan ditindaklanjuti dalam rapat kerja dengan menteri agama."

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016