London (ANTARA News) - Jose Mourinho memperingatkan timnya bahwa Manchester City justru lebih tangguh saat tidak diperkuat Sergio Aguero yang menjalani hukuman suspensi pada Derby Manchester, Sabtu petang.

Jose Mourinho akan menjalani derby pertamanya atau pertempuran ke-17 kalinya dengan Pep Guardiola. Baik Mourinho maupun Guardiola sama-sama memulai musim kompetisi yang sempurna dengan memboyong tiga kemenangan sejak awal musim.

Skuad Mourinho dinyatakan lengkap, namun Guardiola harus berlaga tanpa Aguero yang dihukum tiga pertandingan akibat menyikut pemain West Ham United.

Aguero bisa dikatakan sebagai tulang punggung The Citizen karena menjadi pencetak gol terbanyak pada setiap tahun sejak bergabung pada 2011. Musim ini ia sudah mencetak enam gol dan membukukan tujuh gol selama karirnya melawan United.

"Ya itu berubah menjadi lebih sulit. Ketika Aguero tersedia kami tahu dia bermain, kami tahu formasi dan dinamika mereka, tidak ada keraguan," kata Mourinho dilansir dari Reuters, Sabtu.

"Jika dia siap, dia akan bermain. Tapi sekarang dia tidak bermain, mereka memiliki pilihan skuad yang luar biasa dan ada banyak hal yang (Guardiola) bisa dilakukan," kata bekas pelatih Real Madrid itu.

Pengganti Aguero


Leroy Sane, penyerang sayap 20 tahun yang direkrut seharga 37 juta pound dari Schalke, menjadi salah satu pilihan bagi Guardiola yang pernah tiga kali kalah dari Mourinho.

Mourinho menegaskan bahwa pilihan pemain yang diturunkan Guardiola sangat penting karena jalannya laga bukan ditentukan manajer tapi oleh pemain.

"Dia bisa memutuskan untuk memainkan (Kelechi) Iheanacho atau (Raheem) Sterling," kata Mourinho. "Dia bisa memutuskan untuk memainkan Silva sebagai false nine. Mereka punya banyak pilihan."

Mourinho mengatakan kendati musim masih sangat panjang, namun kemenangan melawan rival sekota sangat penting.

Memberikan pukulan telak bagi Guardiola adalah kegembiraan bagi pelatih asal Portugal itu yang telah mengubah suasana di Old Trafford sejak kedatangannya menggantikan Louis van Gaal.

Mesin gol terbaru klub, Zlatan Ibrahimovic, dan kehadiran Paul Pogba juga menambah semangat di ruang ganti sehingga mereka difavoritkan bisa mengambil poin.

"Kami siap, kami menunggu," kata Mourinho seolah menolak memperpanjang perseteruannya di lapangan hijau dengan Guardiola.

"Saya paham arti derby bagi para fans, tapi saya harus tetap mengontrol emosi," pungkas Mourinho.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016