Jakarta (ANTARA News) - Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, telah membuat prediksi tentang model iPhone 2017. Dalam prediksi berupa catatan yang dikirim ke klien, Kuo mengatakan, tatanan (setup) kamera ganda yang ditemukan pada iPhone 7 Plus akan tetap eksklusif untuk handset berukuran 5,5 inci itu dengan model tahun depan.

Analis tersebut mengatakan, Apple tidak berencana membuat kamera ganda tersedia pada ponsel 4,7 inci dengan harga lebih rendah dikarenakan harganya yang menelan biaya tambahan sekitar 30 dolar AS sampai 40 dolar AS per ponsel.

Kuo mengatakan, perubahan dalam dual kamera tahun depan kemungkinan besar akan mencakup penggunaan OIS dalam lensa tele. Tahun ini, fitur stabilisasi terbatas pada lensa sudut lebar.

"Merupakan tambahan menarik bagi penggemar foto dan fotografer profesional, dual kamera iPhone 7 Plus bukan fitur yang akan mengungguli pasar," kata Kuo, analis KGI Securities, dikutip dari Phone Arena, Senin.

"Seiring dengan biayanya yang tinggi (diperkirakan lebih dari 30-40 dolar AS) dan kebutuhan Apple untuk meningkatkan nilai tambah dari model paling atas dari iPhone, kami perkirakan hanya model baru paling atas dari iPhone (30-40 persen diantaranya) yang memiliki dual kamera tahun depan," tambah dia.

Dikarenakan tahun depan akan menjadi ulang tahun kesepuluh iPhone, Apple akan membuat banyak perubahan pada ponselnya yang biasanya akan menjadi "S year" bagi sebuah perangkat.

Perubahan bisa termasuk penggunaan layar lengkung dengan tombol home tertanam di bawah layar kaca handset. Ponsel tersebut juga bisa saja memiliki fitur layar OLED dan lengkungan di sisi handset. Ada juga yang menyebut pemindai iris.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016