Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian merencanakan sebuah kawasan khusus Industri Kecil Menengah (IKM), salah satunya bidang komponen otomotif.

"Jadi, nanti rencananya kita mau bikin suatu kawasan yang namanya IKM decentralize untuk bahan jadinya," kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu.

Menurut Gati, kawasan IKM tersebut juga akan berperan untuk mengevaluasi dan menilai hasil produk jadi yang akan dijual ke industri besar dalam maupun luar negeri.

"Jika terjadi masalah, kawasan tersebut juga dapat menjadi pemecah masalah," ujar Gati.

Saat ini, terdapat beberapa daerah potensial yang memproduksi komponen otomotif, seperti Tegal, Pekalongan, Purbalingga, Klaten dan Slawi.

Dalam hal ini, Dirjen IKM yang baru dilantik ini memyampaikan akan membangun kerja sama dengan perguruan tinggi, asosiasi IKM terkait maupun asosiasi kawasan industri.

Gati mengatakan, dengan berada di dalam satu kawasan, pemerintah akan lebih mudah memantau maupun memberi bantuan kepada IKM, karena mengetahui betul apa saja yang dibutuhkan.

Kendati demikian, Gati tak ingin IKM dalam kawasan tersebut menjadi manja, justru ia berharap IKM memiliki nilai tawar lebih dengan menawarkan produk yang kualitasnya baik.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016