Bandung (ANTARA News) - Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang sebelumnya melalui 26 kabupaten/kota di Jawa Barat dan menempuh jarak 1.005,4 kilometer akhirnya tiba di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat petang.

Atlet Ricky Subagdja didapuk membawa obor Api PON XIX dari Balai Kota Bandung, diiringi oleh atlet senior Bulu tangkis Iie Sumirat dan tiba di Lapangan Gasibu sekitar pukul 16.00 WIB, kemudian obor tersebut diserahkan kepada Ketua Umum PB PON XIX/2016 Ahmad Heryawan.

Obor api PON XIX tersebut diinapkan selama satu hari di salah satu sudut Lapangan Gasibu atau dekat dengan Gedung Sate Bandung, sebelum akhirnya dibawa ke lokasi Upacara Pembukaan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Alhamdulillah api PON sudah sampai pada titik akhir di sini. Setelah menempuh pejalanan 26 kabupaten/kota dengan jarak tempuh sepanjang 1004,5 kilometer. Ini adalah jarak terpanjang perjalanan api PON," kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan.

Rencananya, kata Aher, Kirab Api PON XIX akan didaftarkan ke MURI sebagai kirab api yang menempuh perjalanan paling panjang selama sejarah PON di Indonesia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016