Bandung (ANTARA News) - Ketua Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Ahmad Heryawan (Aher) mengimbau panitia pelaksanaan cabang olahraga yang berhubungan dengan alam untuk memperhatikan kondisi cuaca.

"Imbauannya kepada panpel tolong perhatian cuaca dengan baik, terutama venue atau cabor yang erat kaitannya dengan cuaca, seperti peristiwa di cabor gantole kemarin," katanya di Gedung DPRD Jabar Kota Bandung, Senin.

Sebelumnya, atlet cabang olahraga gantole asal Sumatera Barat Rizal Fatoni mengalami masalah saat terbang akibat cuaca buruk, Minggu (18/9) sekitar pukul 16.00 WIB.

Atlet sempat mengeluarkan parasut cadangan ketika menyadari mengalami kendala, kemudian terbawa arah angin ke Limbangan, Kabupaten Garut.

Aher mengatakan untuk cabang olahraga yang berhubungan dengan alam sangat bergantung dengan kondisi cuaca sehingga atlet dan panitia diminta untuk lebih berhati-hati.

"Yang pasti, kejadian atlet gantole kemarin saat mulai terbang cuaca bagus tapi katanya begitu di atas tiba-tiba cuacanya buruk ada badai kalau tidak salah. Tapi alhamdulillah, setelah sempat menghilang bisa ditemukan. Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi," ujar dia.

Rizal Fatoni yang sempat hilang saat berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Sumedang, Jawa Barat, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, Minggu petang (19/9).

Humas dan Protokoler Basarnas Bandung, Joshua mengatakan, atlet gantole ditemukan di wilayah Situraja, Kabupaten Sumedang. Ia kemudian mendapatkan pertolongan medis.

"Kondisi korban selamat, landing-nya clear, posisi korban landing 4 km dari tempat take off," kata Joshua.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016