Buntok, Kalteng (ANTARA News) - Empat unit toko milik masyarakat yang berada di Jalan Merdeka Raya Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dilaporkan ludes terbakar Jumat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Antara di Buntok, Jumat menyebutkan bahwa kebakaran itu terjadi Jumat dini hari sekitar pukul 00.55 WIB sementara penyebabnya belum diketahui secara jelas.

"Asal api diduga berasal dari salah satu toko milik Letin yang menjual pakaian dan barang pecah belah serta perabotan rumah tangga," kata salah seorang warga Mahmud.

Saat itu dia mematikan televisi sekitar pukul 00 55 Wib, kemudian terdengar ada suara orang memukul tiang listrik berulang kali sambil berteriak kebakaran.

"Mendengar teriakan itu, saya keluar rumah dan berlari dari dalam gang dan melihat api sudah membesar melahap toko yang terbuat dari bahan kayu tersebut," ujar Mahmud.

Sebagian warga menggunakan mesin kompa dan pemadam pasar Beringin Buntok berupaya memadamkan api dan beberapa saat kemudian mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi kebakaran.

Sementara kepala UPTD Pemadam Kebakaran Barsel, Untung Purbaya, begitu mendapat telepon, pihaknya langsung mengerahkan enam unit mobil pemadam kebakaran.

"Saat tiba di lokasi api sudah membesar dan dengan cepat melahap bangunan yang terbuat dari bahan kayu tersebut dan setelah 40 menit kemudian api sudah bisa dipadamkan," kata dia.

Kapolres Barsel AKBP Yussak Angga melalui Kapolsek Dusel AKP Tri Prasetya membenarkan, kebakaran di Jalan Merdeka Raya yang menghanguskan empat unit toko.

Terkait penyebab kebakaran dia mengatakan tidak bisa berspekulasi karena saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan. Hanya saja api pertama dari toko Letin.

"Penyebab kebakaran dan kerugiannya kita belum bisa memastikan, karena masih melakukan penyeledikan," ucap dia.

Pewarta: Bayu Ilmiawan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016