Leicester (ANTARA News) - Kegagalan menjadi guru terbaik bagi Leicester City yang menelan kekalahan 1-4 dari Manchester United dalam laga pekan keenam Liga Inggris (Premier League). Kini tim berjuluk The Foxes itu siap menjamu tim asal Liga Portugal FC Porto.

Leicester City siap meladeni FC Porto dalam matchday 2 babak kualifikasi Grup G Liga Champions yang digelar di King Power Stadium, Leicester, Leicestershire, pada Rabu dini hari WIB.

Leicester bersiap. Buktinya, Jamie Vardy dan Riyad Mahrez diganti di babak kedua ketika The Foxes ditekuk MU. Kedua pemain itu disebut-sebut akan disimpan untuk disiapkan dalam laga kandang melawan Porto.

Penjaga gawang Kasper Schmeichel kembali berlatih setelah absen dalam tiga laga. Ia mengalami cedera pangkal paha, meski masih diliputi tanda tanya apakah ia memang siap mengawal gawang Leicester.

Sementara itu, Nampalys Mendy masih bergulat dengan cedera yang memaksa dia absen selama enam pekan ke depan. Ini sedikit banyak memukul kubu tim tuan rumah.

Shinji Okazaki siap kembali tampil karena sebelumnya posisinya diisi oleh Islam Slimani. Yang masih menjadi sorotan justru penampilan Andy King yang menunjukkan grafik meningkat.

Di kubu Porto, diragukan bahwa tim asal Portugal ini bakal  turun dengan kekuatan penuh. Maxi Pereira masih dibekap cedera. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih Nuno Espírito Santo.

Komentar manajer:

* Claudio Ranieri  (Leicester):

"Fans bakal menyaksikan laga yang fantastis. Banyak dari mereka datang dari luar kota. Mereka ingin mendengar dan menikmati alunan musik. Fantastis juga melanjutkan dongeng kejayaan, dan kami senantiasa berharap memperoleh hasil gemilang di laga sepak bola dengan meraih kemenangan."

"(Islam) Slimani banyak mencetak gol ketika melawan Porto (semasa ia masih membela Sprting CP). Saya yakin ia menjadi pemain yang mengancam mereka. (Ia dan Riyad Mahrez) sudah saling menjalin pengertian dengan para pemain lain dalam melakoni laga internasional. Saya menyaksikan hal itu ketika mereka berlatih."

"Kami menaruh hormat kepada Porto, tim yang punya banyak pengalaman di Eropa. Mereka sudah begitu banyak turun bertanding di laga Liga Champions."
 
* Nuno Espírito Santo (FC Porto):
"Sejarah mengajarkan kepada kami bahwa Porto memang tidak pernah meraih kemenangan ketika melawan tim asal Inggris. Mereka sulit dikalahkan. Kami memang tidak tampil baik ketika melawan Kopenhagen tetapi kami mengalami kemajuan sejak pertandingan itu."

"Leicester juara Liga Inggris, dikenal sebagai salah satu tim di liga terbaik di dunia dengan sederet skuad dan tim yang fantastis. Apa yang Leicester raih di tahun lalu sungguh luar biasa, untuk itulah kami menaruh hormat."

"Salah satu cara mengontrol (Leicester) yakni mengontrol pertandingan dengan menciptakan keseimbangan dalam permainan. Kami dikenal sebagai tim yang mumpuni dalam mengontrol bola, dengan begitu kami siap mempraktekkannya di sini."
 
Prakiraan susunan pemain:

* Leicester City (4-4-2):

Schmeichel (penjaga gawang) ; Simpson, Huth, Morgan, Fuchs; Mahrez, Drinkwater, Amartey, Albrighton; Slimani, Vardy.
Absen: Mendy (cedera engkel)

* FC Porto (4-3-1-2):
Casillas (penjaga gawang); Layún, Marcano, Felipe, Alex Telles; Danilo, Óliver Torres, Herrera, Otávio; André Silva, Adrián López.

Data dan fakta (Opta Facts):

* Ini pertemuan pertama antara Leicester City melawan Porto.
* Porto tidak pernah meraih kemenangan dalam laga tandang melawan tim asal Inggris. Tim asal Portugal ini menelan 15 kekalahan dari 17 laga tandang (belum pernah menang, dua imbang dan 15 kali kalah).
* Porto kebobolan 11 gol dan belum memasukkan satu gol pun dalam tiga laga tandang ke Inggris. Mereka juga belum pernah mengemas clean sheet dalam 17 laga tandang melawan tim-tim asal Inggris.    
* Kemenangan Leicester atas Brugge diartikan bahwa mereka menjadi tim asal Inggris yang melakoni debut di ajang Liga Champions setelah Manchester United dan Newcastle United.
* Porto belum pernah menang dari tiga laga terakhir di Liga Champions (belum pernah menang, sekali imbang, dan dua kali kalah).
* Porto menelan dua kekalahan dari delapan laga tandang di kompetisi ini, tiga menang dan tiga imbang.  
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Leicester City: L L W W L


24/9/16 Manchester United 4 - 1 Leicester City
20/9/16 Leicester City 2 - 4 Chelsea
17/9/16 Leicester City 3 - 0 Burnley
14/9/16 Brugge 0 - 3 Leicester City
10/9/16 Liverpool 4 - 1 Leicester City

* FC Porto: W D D W L

23/9/16 FC Porto 3 - 1 Boavista
18/9/16 Tondela 0 - 0 FC Porto
14/9/16 FC Porto 1 - 1 FC København
10/9/16 FC Porto 3 - 0 Vitória Guimarães
28/8/16 Sporting Portugal 2 - 1 FC Porto

Prediksi laga (Goal.com):

* Leicester City 1 - 2 FC Porto (12 persen)
* Leicester City 2 - 1 FC Porto (12 persen)
* Leicester City 1 - 0 FC Porto (8 persen)
    
Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Islam Slimani (40 persen)
2.Óliver Torres (40 persen)
3.Riyad Mahrez (20 persen)
     
Rapor Top Players:
 
* Ratings:

Leicester:

M. Albrighton     8.41
R. Mahrez     8.14
C. Fuchs     7.65
    
FC Porto:
Otávio     7.68
D. Pereira     7.1
M. Layún     7.07

* Goals:
Leicester:

R. Mahrez     2
M. Albrighton     1
R. Huth     0

FC Porto:    
Otávio     1
I. Casillas     0
Marcano     0

* Assists:

Leicester:

R. Huth     0
W. Morgan     0
C. Fuchs     0
    
FC Porto:
A. Silva     1
I. Casillas     0
Marcano     0
 
Lima prediksi laga:

* Leicester menerima pukulan kekalahan 1-4 dari Manchester United (MU). Kekalahan ini jelas mempengaruhi mantalitas bertanding tim asuhan Ranieri.
* Porto hanya menelan tiga kekalahan dari 21 pertandingan di ajang Liga Champions. Ini bakal menjadi percobaan serius bagi tim sekelas Leicester.
* Pertandingan ini benar-benar menjanjikan tensi tinggi. Leicester siap mengerahkan seluruh kekuatan untuk menebus kekalahan pekan lalu di ajang Liga Inggris.  Bukan tidak mungkin mereka berusaha mengontrol laga dengan penguasaan bola yang dominan.
* Porto menjual banyak pemain di setiap musim panas, hanya saja mereka masih punya sederet pemain berkualitas. Porto menjadi tim yang menguji penguasaan bola Leicester.
* Porto banyak mengandalkan kedalaman. Ini bakal menyulitkan pasukan asuhan Ranieri.

Prediksi hasil laga:

* Leicester City: 3
* FC Porto: 1 

Oleh A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016