Jakarta (ANTARA News) - Jerman berencana menggelar sebuah pelatihan kejuruan di Indonesia dengan memanfaatkan perusahaan yang telah beroperasi di Tanah Air.

"Vocational training (pelatihan kejuruan) itu akan diinisiasi dengan pilot project (program percontohan), bisa segera dimulai, khususnya dengan Siemens," kata Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian Harjanto di Jakarta, Rabu.

Harjanto menyampaikan hal tersebut setelah mendampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertemu Dubes Jerman untuk Indonesia Michael Von Ungern Sternberg di Gedung Kemenperin, Jakarta.

Menurut Harjanto, salah satu program percontohan yang menjadi sarana pelatihan adalah pengembangan pembangkit listrik sebesar 500 megawatt di Cilegon, Jawa Barat.

"Karena Siemens kan pengadaan untuk pembangkit listrik, nah itu dijadikan pelatihan yang nantinya bisa menghasilkan tenaga kerja siap pakai," ungkap Harjanto.

Harjanto menambahkan, pelatihan tersebut direncanakan akan dimulai pada awal 2017.

Selain itu, Harjanto menyampaikan, Jerman juga berencana memberikan pelatihan tentang pengembangan lokomotif di Indonesia. Namun, rencana tersebut masih dalam proses, sehingga belum dapat dipastikan waktu pelaksanaannya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016