Istanbul (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya bersedia mengikuti langkah OPEC untuk memangkas produksi minyak, dengan alasan hal itu merupakan satu-satunya cara untuk menyeimbangkan pasar setelah harga minyak anjlok cukup lama.

"Dalam situasi saat ini, kami yakin membekukan atau memangkas produksi minyak merupakan satu-satunya cara untuk menjaga stabilitas sektor energi dan mempercepat keseimbangan pasar," ujar Putin di Kongres Energi Dunia di Istanbul, Senin.

"Rusia siap turut menerapkan langkah bersama dalam membatasi produksi dan menyerukan kepada negara-negara pengekspor lain untuk melakukan hal yang sama," imbuhnya.

Putin berharap keputusan tersebut akan membuahkan kesepakatan konkret dalam KTT OPEC pada November mendatang dan usulannya akan menjadi "sinyal positif bagi pasar dan para investor."

Penurunan harga minyak yang berkepanjangan amat berdampak negatif terhadap perekonomian sejumlah negara seperti Rusia yang amat bergantung kepada ekspor hidrokarbon untuk memperoleh pendapatan.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak diperkirakan akan menghadiri KTT menteri energi OPEC di Istanbul pada Rabu pekan ini, demikian dikutip dari laporan AFP. (ab)


Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016