Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Anton Medan menyampaikan adanya kegelisahan masyarakat terkait rencana aksi demo penolakan penistaan agama, kepada Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan.

"Salah satu kegelisahannya khawatir adanya makar," kata Anton Medan di Jakarta Senin.

Anton mengaku telah menyampaikan kekhawatiran masyarakat tentang adanya indikasi akan muncul kerusuhan kepada pimpinan Polda Metro Jaya.

Pria bernama asli Ramdhan Effendi itu meminta jaminan keamanan kepada Kapolda Metro Jaya dan jajaran agar mengawal dan mengamankan aksi anggota organisasi keagamaan tersebut.

Anton tidak mengharapkan aksi demontrasi yang akan digelar pada Jumat (4/11) itu berujung pada kerusuhan atau mengintimidasi kelompok tertentu.

Namun Anton yakin aparat kepolisian akan mampu mengawal dan mengamankan aksi penolakan penistaan agama itu sehingga tidak akan terjadi kerusuhan.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya memastikan tidak ada perintah tembak di tempat terhadap massa pengunjuk rasa yang menolak penistaan agama.

Bahkan anggota Polri yang mengawal dan mengamankan aksi akan mengedepankan sikap persuasif dan dilarang membawa peluru tajam.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016