Padang (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengirimkan 100 personel Brimob ke DKI Jakarta untuk membantu pengamanan demonstrasi ormas Islam yang akan digelar pada Jumat (4/10).

"Kami hanya memenuhi permintaan dari pusat untuk mengirimkan anggota Brimob untuk pengamanan demo," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi di Padang, Selasa.

Menurutnya satu kompi Brimob yang dikirimkan sudah sesuai dengan arahan yang diinginkan dari Mabes Polri.

"Satu kompi personel yang kami kirim telah berangkat sejak dua hari yang lalu," ujarnya.

Dari Pulau Sumatera ada dua provinsi yang tidak ikut mengirimkan anggota Brimob yang diperbantukan ke Jakarta yaitu Polda Aceh dan Polda Sumatera Utara.

Dua provinsi tersebut merupakan daerah rawan konflik, sehingga tidak ikut memberikan bantuan pasukan.

Sementara untuk seluruh daerah di Indonesia mengirim sebanyak 5.839 orang personel Brimob untuk membantu pengamanan demo yang akan dilakukan pada Jumat nanti

"Dengan adanya dukungan dari Brimob diharapkan akan membantu pengamanan unjuk rasa yang akan dilakukan pada hari itu," kata Syamsi.

Sementara Kapolresta Padang Kombes Chairul Aziz menyebutkan hingga saat ini belum menerima informasi akan dilakukan aksi unjuk rasa di Kota Padang pada Jumat (4/11).

Meskipun demikian kepolisian tetap waspada dan berjaga-jaga agar apabila ada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya polisi akan memberikan pengamanan. 

Pewarta: M R Denya Utama
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016