Dortmund, Jerman (ANTARA News) - Wakil Jerman, Borussia Dortmund, berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai meraih kemenangan tipis 1-0 atas Sporting CP dalam laga lanjutan penyisihan Grup F di Stadion Signal Iduna Park, Kamis pagi WIB.

Kemenangan tersebut membuat tim besutan Thomas Tuchel itu kini memiliki 10 poin dan menempati puncak klasemen Grup F, sementara Sporting (3) tertahan di urutan ketiga.

Meski bermain tanpa kehadiran mesin gol mereka, Pierre-Emerick Aubameyang, Dortmund tak kekurangan daya gedor dengan tetap meguasai pertandingan dengan kepemilikan 53 persen pengendalian bola dan melepaskan 10 percobaan tembakan yang lima di antaranya menemui sasaran.

Dortmund hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk membuka keunggulan setelah serangan apik yang dibangun Christian Pulisic dan Mario Goetze diakhiri dengan umpan silang Matthias Ginter ke area tiang jauh. Ramos yang berdiri di sana melompat lebih tinggi dari para pemain belakang Sporting demi menyundul bola ke sudut gawang.

Sayangnya, rentetan upaya Dortmund memperbesar keunggulan tak membuahkan hasil termasuk tendangan Pulisic pada menit 34 yang hanya menyerempet mistar gawang.

Sebaliknya tim tamu juga memiliki sejumlah peluang, termasuk upaya Bruno Cesar menyelesaikan umpan lambung kiriman William Carvalho pada menit 52 yang masih menyamping dari sasaran.

Demikian juga tendangan jarak jauh Adrien Silva pada menit 71 masih melenceng tipis di atas mistar gawang.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Roman Buerki (PG); Matthias Ginter, Sokratis Papastathopoulos, Marc Bartra, Raphael Guerreiro; Julian Weigl; Christian Pulisic, Gonzalo Castro (Lukasz Piszczek), Mario Goetze (Sebastian Rode), Ousmane Dembele (Andre Schuerrle); Adrian Ramos
Pelatih: Thomas Tuchel

Sporting CP (4-2-3-1): Rui Patricio (PG); Paulo Oliveira, Ruben Semedo, Sebastian Coates, Marvin Zeegelaar; William Carvalho, Bruno Cesar (Adrien Silva); Ezequiel Schelotto, Bryan Ruiz (Lazar Markovic), Gelson Martins; Luc Castaignos (Bas Dost)
Pelatih: Jorge Jesus

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016