Jakarta (ANTARA News) - Puluhan peserta unjuk rasa dari berbagai organisasi masyarakat bersiap melangsungkan Shalat Jumat berjamaah di dalam halte Transjakarta Istiqlal menyusul kondisi Masjid Istiqlal yang sudah penuh oleh massa demonstran.

"Sholat di dalam halte saja, wudhu menggunakan air minum botol, ada teman yang menyiapkan," kata Zakaria peserta aksi dari Front Betawi Rembug (FBR) di Halte Transjakarta Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat.

Puluhan orang sudah membentuk barisan sholat di dalam halte tersebut, sementara jemaah lainnya mengantri untuk berwudhu menggunakan air minum kemasan.

Demonstran wanita berada di belakang halte tersebut sambil menjaga tas jemaah pria yang akan melangsungkan Shalat Jumat. Adapun belasan pedagang kaki lima yang berjualan minuman dan makanan berjajar dari halte hingga ke pintu masuk Masjid Istiqlal.

Adapun situasi Masjid Istiqlal terpantau ramai dari pelataran setelah pintu utama hingga aula masjid di lantai dasar. Hal itu membuat beberapa jemaah di dalam masjid juga bersiap melakukan sholat Jumat di tepi kolam atau di halaman masjid.

Kondisii masjid Istiqlal semakin ramai dengan banyaknya peserta untuk rasa yang baru sampai di kawasan ini karena terhambat kemacetan lalulintas di sekitar Gambir dan Masjid Istiqlal.

Kendati ramai dan penuh sesak, situasi terpantau kondusif. Sejumah peserta pria bersiap shalat Jumat dan peserta wanita menyiapkan makan siang, ada juga rombongan ibu-ibu pengajian yang bershalawat di depan Masjid Istiqlal.

Pewarta: Alviansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016