Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla memerintahkan Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksamana dan Kepala Polda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan melakukan pengamanan demonstrasi hari ini tanpa letusan senjata saat meninjau aksi unjuk rasa di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah memantau aksi demonstrasi damai ribuan orang tersebut melalui televisi di ruang kerjanya di kantor Wakil Presiden di Jalan Medan Merdeka Utara, Wakil Presiden keluar dari ruang kerjanya menuju halaman Istana Merdeka untuk melihat langsung aksi unjuk rasa.

Massa berunjuk rasa sekitar 100 meter dari Istana Merdeka, dibatasi barikade pagar kawat duri dan penjagaan ketat aparat keamanan.

Selain Wakil Presiden, pejabat negara yang lain seperti Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian juga memantau aksi unjuk rasa dari halaman depan Istana Merdeka.

Setelah shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan titik-titik lain di Jakarta, massa dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan keagamaan dari berbagai daerah terus berdatangan dan berkumpul di Jalan Medan Merdeka Barat untuk menuntut pemerintah segera menuntaskan proses hukum perkara penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
 
Petugas keamanan yang terdiri dari aparat gabungan TNI, Polri terlihat berjaga di Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta.


Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2016