Hamburg, Jerman (ANTARA News) - Penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang. menciptakan empat gol untuk mengantarkan timnya membekuk Hamburg SV 5-2 dalam laga pekan ke-10 Bundesliga Jerman di Stadion Volkspark, Sabtu.

Berkat kemenangan ini Dortmund kini mengoleksi 18 poin dan naik ke peringkat lima klasemen, sedangkan Hamburg (2) tetap menjadi juru kunci.

Dengan empat gol dan satu assist, Aubameyang membuktikan peran pentingnya bagi Dortmund, meski sempat dihukum klub tengah pekan lalu.

Aubameyang tak diturunkan saat menghadapi wakil Portugal Sporting CP dalam penyisihan Grup F Liga Champions, Kamis 3 November lalu, lantaran alasan internal yang sengaja dirahasiakan pelatih Thomas Tuchel.

Laga baru berjalan empat menit saat Aubameyang mencetak gol pertamanya untuk membuka keunggulan Dortmund setelah menyambar bola muntah hasil tendangan Emre Mor yang tak diantisipasi sempurna oleh penjaga gawang Rene Adler.

Penyerang berdarah Gabon itu menggandakan keunggulan Dortmund setelah Douglas Santos melakukan kesalahan dengan umpan ke belakang yang dipotong Mor, Adler yang bereaksi dengan keluar dari sarangnya dikecoh dengan mudah oleh Mor yang menyodorkan bola kepada Aubameyang yang berdiri bebas dan lagi-lagi menceploskan bola ke gawang tak bertuan pada menit 23.

Empat menit berselang Aubameyang menciptak hatrik setelah memanfaatkan pertahanan rapuh Hamburg dan menyambut bola tendangan Adler dengan kepalanya sebelum diselesaikan Aubameyang dengan tenang ke dalam gawang.

Keunggulan tiga gol bertahan hingga turun minum, dan tiga menit memasuki babak kedua Aubameyang semakin memperbesar keunggulan Dortmund menjadi 4-0 lewat gol keempatnya dengan memanfaatkan bola sodoran Christian Pulisic.

Hamburg memperkecil ketertinggalan lewat Nicolai Mueller pada menit 55, setelah berhasil melewati kawalan Sokratis Papastathopoulos dan menceploskan bola untuk menaklukkan penjaga gawang Roman Buerki.

Pada menit 60 Dennis Diekmeier memasukkan bola ke gawang Dortmund setelah menyambar bola muntah hasil tendangan Michael Gregoritsch, namun wasit menganggap ia sudah lebih dulu melanggar Matthias Ginter sehingga gol itu dianulir.

Aubameyang melengkapi catatannya dalam pertandingan itu dengan sebuah assist untuk gol kelima Dortmund yang dicetak pemain pengganti Ousmane Dembele pada menit 76 dengan sebuah tendangan lengkung yang tak mampu dijangkau Adler.

Hamburg kembali memperkecil ketertinggalan menjadi 2-5 lewat gol kedua Mueller pada menit 81.

Dortmund hampir memperbesar kemenangan 5-2 mereka jika saja pemain pengganti Andre Schuerrle sukses memanfaatkan umpan kiriman Aubameyang pada menit 85.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Bundesliga:

Hamburg SV (5-4-1): Rene Adler (PG); Dennis Diekmeier (Aaron Hunt), Cleber (Albin Ekdal), Emir Spahic, Johan Djourou, Douglas Santos; Nicolai Mueller, Gotoku Sakai, Gideon Jung, Michael Gregoritsch; Pierre Michel Lassoga (Gian-Luca Waldschmidt)
Pelatih: Markus Gisdol

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Roman Buerki (PG); Matthias Ginter, Sokratis Papastathopoulos (Felix Passlack), Marc Bartra; Lukasz Piszczek, Sebastian Rode, Gonzalo Castro, Raphael Guerreiro; Emre Mor (Andre Schuerrle), Christian Pulisic (Ousmane Dembele); Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Thomas Tuchel

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016