Monaco (ANTARA News) - AS Monaco memastikan diri menjejaki babak 16 besar Liga Champions usai menundukkan wakil Inggris, Tottenham Hotspur, dengan skor 2-1 dalam laga penyisihan Grup E di Stadion Louis II, Monaco, Rabu dini hari WIB.

Berkat kemenangan tersebut tuan rumah kini memiliki 11 poin dan memuncaki klasemen Grup E, sedangkan Spurs (4) dipastikan akan melanjutkan kiprah mereka di Liga Europa.

Monaco sebetulnya berkesempatan untuk membuka keunggulan lebih awal dengan memperoleh hadiah penalti dari wasit Bjorn Kuipers saat Fabinho berhasil menghindari jegalan Victor Wanyama di dalam kotak penalti, namun tetap dijatuhkan oleh jegalan Eric Dier pada menit 10.

Sayangnya eksekusi penalti Radamel Falcao yang cukup baik mampu digagalkan oleh penjaga gawang Hugo Lloris yang menebak arah bola dengan tepat dan menghalau tendangan penyerang Kolombia itu.

Tuan rumah akhirnya memperoleh keunggulan pada menit 48 saat Benjamin Mendy berhasil melepaskan umpan silang yang berhasil disambut dengan tandukan tajam Djibril Sidibe untuk menaklukkan Lloris.

Spurs menyamakan kedudukan pada menit 52 lewat eksekusi penalti Harry Kane setelah Kamil Glik menjatuhkan Bamidele Alli di area terlarang.

Bola sepakan Kane cukup keras sehingga meski tertebak dan sempat terjangkau tangan kiri penjaga gawang Danijel Subasic namun tetap melaju tak terhentikan ke dalam gawang.

Akan tetapi euforia tim tamu tak bertahan lama, sebab serangan pertama mereka seusai laga kembali dilanjutkan berbuah umpan silang Sidibe yang gagal disapu sempurna oleh Danny Rose justru mengarahkan bola ke ruang tembak Thomas Lemar yang berdiri bebas tanpa kawalan dan dengan mudah menceploskan bola menipu Lloris sekaligus membawa Monaco kembali unggul 2-1.

Monaco berpeluang memperbesar keunggulan mereka jika saja Lloris tak melakukan dua penyelamatan gemilang atas percobaan tembakan Glik pada menit 68 dan Falcao pada menit 72.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

AS Monaco (4-4-2): Danijel Subasic (PG); Djibril Sidibe, Kamil Glik, Jemerson, Benjamin Mendy; Bernardo Silva, Fabinho, Tiemoue Bakayoko, Thomas Lemar (Joao Moutinho); Radamel Falcao (Andrea Raggi), Valere Germain (Guido Carrillo)
Pelatih: Leonardo Jardim

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris (PG); Kieran Trippier, Eric Dier, Kevin Wimmer, Danny Rose; Victor Wanyama, Mousa Dembele (Christian Eriksen); Bamidele Alli, Harry Winks (Moussa Sissoko), Son Heung-min (Vincent Janssen); Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016