Santiago (ANTARA News) - Presiden Chile Michelle Bachelet, Selasa, mengatakan negaranya ingin bergabung dengan Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) yang diprakarsai China secepat mungkin.

Bachelet membuat pernyataan tersebut saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping yang tiba di Santiago pada Selasa sore untuk kunjungan kenegaraan.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan itu, kedua negara sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral kemitraan strategis yang komprehensif dan memulai pembicaraan tentang peningkatan perjanjian perdagangan bebas (FTA) mereka sesegera mungkin.

"Peningkatan FTA antara Chile dan China akan memberikan dorongan yang kuat bagi kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara," kata Bachelet.

Chile menyambut perusahaan-perusahaan China untuk meningkatkan investasi mereka di negara Amerika Latin itu, katanya, menambahkan bahwa negaranya bersedia untuk bergabung dengan AIIB sesegera mungkin.

Chile adalah negara terakhir dari tur Xi ke tiga negara Amerika Latin, setelah ke Ekuador dan Peru. Dia juga menghadiri pertemuan para pemimpin ekonomi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) ke-24 di Lima, Peru.

(UU.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016