Jakarta (ANTARA News) - Arsip Jerman menemukan sebuah surat yang ditulis kakek presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump yang meminta diizinkan pulang ke tanah kelahirannya Jerman setelah istrinya (nenek Donald Trump) tak bisa menyesuaikan hidup di Amerika Serikat.

Surat yang ditandatangani Friedrich Trump, yang meninggalkan Jerman dalam usia 16 pada 1885, tersingkap dalam arsip negara di negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman.

Setelah pergantian abad, Friedrich Trump kembali dari Amerika Serikat ke Jerman, di mana dia bertemu dan menikahi istrinya, Elisabeth, yang kemudian diboyongnya ke New York.

"Dia (Elisabeth) hanya bisa bertahan dua tahun sebelum mengungkapkan keinginannya kembali ke Jerman," kata Franz Maier dari badan arsip negara bagian Rhineland-Palatinate di Speyer kepada TV Reuters.

Friedrich sendiri tidak menyelesaikan administrasi pindah yang benar sebelum meninggalkan Jerman sehingga tidak diperkenankan dinaturalisasi di Bavaria yang saat itu merupakan kerajaan tersendiri.

Dari dokumen dalam badan kearsipan Jerman itu terbaca, "penyelesaian di Bavaria tidak diperbolehkan".

Penolakan keimigrasian itu telah memicu serangkaian peristiwa yang berakhir pada terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016